Sobat Souja, kondisi wabah virus Covid-19 memang belum sepenuhnya usai. Masih banyak dari kita yang belum melakukan vaksinasi dan pemerintah terus mendorong " />

Bersiaplah, Indonesia Akan Segera Menuju Status Endemi!

  • Minggu, 27/03/2022 - 11:18 WIB
Sobat Souja, kondisi wabah virus Covid-19 memang belum sepenuhnya usai. Masih banyak dari kita yang belum melakukan vaksinasi dan pemerintah terus mendorong rakyatnya agar mau divaksin. Namun, baru-baru ini Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan untuk mengubah status pandemi virus COVID-19 menjadi endemi. Hal ini pun telah disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada konferensi pers daring mereka. Selain Indonesia, beberapa negara lainnya telah melakukan pelonggaran status pandemi menuju endemi, seperti Inggris, Denmark dan Singapura. Lantas, apa itu endemi?
 
endemi
Source: kompas.com
Melansir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat CDC, endemi adalah penyakit yang menjangkit suatu daerah atau populasi masyarakat. Kemunculan penyakit ini terjadi secara konsisten dalam area geografis tertentu. Endemi akan selalu ada pada suatu wilayah dan hidup berdampingan dengan masyarakat. Contohnya adalah penyakit demam berdarah dengue (DBD). Di sisi lain, epidemi adalah penyakit menular yang terjadi pada suatu daerah yang luas serta menimbulkan banyak korban. Peningkatan angka infeski suatu penyakit berada di atas angka normal, biasanya terjadi secara tiba-tiba. Contohnya adalah flu burung di Indonesia pada tahun 2012.

Sedangkan pandemi sebelumnya merupakan wabah penyakit yang menyebar secara global. Sehingga, status pandemi dapat diberikan saat ada penyakit baru yang menyerang orang-orang di seluruh dunia, yang tidak memiliki kekebalan akan penyakit itu. Antara endemi dan pandemi memang memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda. Saat terjadi endemi, peningkatan status akan terjadi secara signifikan tetapi terbatas pada satu wilayah. Tingkat keparahannya dapat diamati berdasarkan populasi, lingkungan, atau wilayah. Sedangkan status pandemi diberikan saat suatu penyakit telah menyebar secara global dan di luar kendali sehingga sulit dikontrol.
 
indonesia endemi
Source: menpan.go.id
Menurut Direktur Darurat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Michael Ryan, pandemi COVID-19 dapat menjadi endemi di tahun 2022, jika memenuhi syarat tertentu. WHO juga memprediksi jika pandemi dapat berakhir jika vaksinasi secara global telah mencapai 70 persen. Pemerintah juga tengah menyusun strategi terkait perubahan status dari pandemi menuju endemi. Semoga wabah virus Covid-19 ini cepat usai dan kita bisa kembali menjalankan hidup normal seperti sebelumnya ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Popbela.com
 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.