Hai Sobat Souja, apabila kalian pernah merasa ada teman yang seumuran tapi terlihat lebih tua atau justru sebaliknya, ternyata ada penjelasan ilmiah di balik penampilan sese" />

Faktor Penyebab Yang Bisa Bikin Wajah Terlihat Tua Di Usia Muda

  • Kamis, 31/03/2022 - 11:58 WIB
Hai Sobat Souja, apabila kalian pernah merasa ada teman yang seumuran tapi terlihat lebih tua atau justru sebaliknya, ternyata ada penjelasan ilmiah di balik penampilan seseorang yang terlihat lebih muda atau lebih tua dari orang-orang seusia mereka lho. Melalui jurnal yang dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences, para peneliti mengungkapkan bahwa tiap orang memiliki proses penuaan yang berbeda-beda.  Berikut ini terdapat beberapa macam faktor yang bisa menyebabkan seseorang terlihat tua dari umur aslinya, mari kita simak informasi lengkapnya di bawah ini yuk!
 
wajah tua
Source: pikiran-rakyat.com
 
1. 80% Faktor Genetik
Sebagian peserta penelitian yang memiliki umur biologis lebih tua, mengalami proses penuaan yang lebih cepat dari orang seusianya. Sebaliknya, peneliti juga mendapati jika peserta lain yang memiliki umur biologis lebih muda mengalami proses penuaan yang lebih lambat dibanding orang seusia mereka. 80% faktor yang memengaruhi kecepatan proses penuaan pada tiap orang ialah genetik. Hal ini dikarenakan faktor genetik berada di luar kendali manusia. Akan tetapi, beberapa faktor seperti penyakit kronis dan perubahan psikologis juga turut berperan dalam menentukan kecepatan penuaan seseorang.

2. Minum Alkohol
Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan bisa mempengaruhi kandungan garam dalam tubuh. Selain itu, alkohol juga bisa menyumbat sel-sel baru yang seharusnya menggantikan sel-sel yang telah mati. Itu sebabnya, kebanyakan mengonsumsi alkohol membuat sel-sel kulit mati menumpuk di wajah sehingga wajah nampak lebih kusam dan lusuh.

3. Merokok
Seperti yang sudah diketahui, merokok memberikan efek buruk bagi kesehatan. Sebuah penelitian menunjukan, selain memperpendek usiamu dengan meningkatkan risiko penyakit jantung dan paru-paru, ternyata merokok juga bisa mengaktifkan enzim yang memecah elastisitas kulit, loh! Mengisap rokok membuat otot-otot di sekitar wajah, lebih tepatnya mulut, menjadi tertarik atau melar. Selain itu, asap yang dihasilkan dari rokok akan menyebakan kulit wajah menjadi kering sehingga membuat wajah jadi cepat keriput.

4. Kurang Tidur
Seiring bertambahnya usia, kalian masih harus memenuhi kebutuhan tidur selama 7 sampai 8 jam setiap malam untuk kesehatan yang optimal. Kurang tidur tidak hanya membuat kantung mata saja, melainkan juga bisa mempercepat proses penuaan. Oleh sebab itu, mendapatkan tidur yang cukup pada malam hari adalah sesuatu yang sangat penting.

5. Malas Membersihkan Wajah
Setelah seharian beraktivitas, ada baiknya jika Sobat meluangkan waktu untuk membersihkan wajah dari kotoran dan debu yang menempel di area wajah. Pasalnya, jika tidak dibersihkan, kotoran akan menumpuk di wajah sehingga memberikan peluang timbulnya masalah kulit seperti kulit kusam, lusuh atau bahkan memunculkan jerawat yang mempengaruhi penampilanmu.
 
faktor wajah tua
Source: grid.id
Nah, itu dia Sobat Souja kelima faktor umum yang bisa menyebabkan kulit wajah kita bisa terlihat cepat menua dari umur seharusnya. Namun, kalian bisa mencegahnya dengan mengatur pola makan dan gaya hidup sehat yang teratur. Dengan begitu, kalian bisa memperlambat proses penuaan, salah satunya mengonsumsi makanan rendah lemak dan garam. Tidak hanya itu, mengurangi stres dan melakukan olahraga secara teratur juga dapat memberi dampak positif dan mencegah penuaan dini. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Hellosehat.com 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.