4 Ciri Orang Cerdas Secara Finansial, Mulai dari Sering Cari Diskon Hingga Rutin Investasi

  • Rabu, 01/06/2022 - 12:00 WIB
Hai, Sobat Souja! Saat ini, cerdas finansial banyak diartikan sebagai rutin berinvestasi. Meskipun istilah ini memiliki banyak penafsiran, konsep utamanya ada pada mempertahankan posisi keuangan yang sehat.

Orang yang cerdas secara finansial sangat berpengalaman menangani pengeluaran, kredit, dan masalah uang lainnya. Orang yang cerdas finansial memiliki serangkaian strategi keuangan yang baik, yakni melalui perencanaan dan penganggaran yang tepat.

Oleh karena itu, sudah saatnya kamu mengetahui tips keuangan cerdas agar menjadi orang yang cerdas secara finansial. Dengan begitu, kondisi keuanganmu akan jauh lebih stabil. 

Ciri-Ciri Orang Cerdas Finansial

Tips Kelola Keuangan

Untuk membantu memastikan seberapa cerdas finansial kamu, Fimela mengumpulkan beberapa tips finansial yang harus kamu ketahui. Berikut beberapa ciri orang cerdas secara finansial dikutip dari situs Pure Point Financial.

1. Hidup sesuai kemampuan 
 
f 
Sumber: Ngobrolin.id 
 
Satu langkah penting untuk kesuksesan finansialmu adalah menyusun rencana dan anggaran. Kamu perlu mencatat seberapa banyak pendapatan dan pengeluaran. Selain itu, kamu juga perlu menentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang keuanganmu. Orang yang cerdas secara finansial juga selalu menemukan alternatif untuk menghemat biaya kebutuhan. 

2. Cari penawaran terbaik

Meskipun saldo rekening terus bertambah, orang yang cerdas finansial tahu cara berbelanja yang tepat. Contohnya, ketika ingin membeli suatu barang, orang cerdas finansial akan mencari diskon dan kupon. Para financial savvy tahu, mereka masih bisa memanfaatkan uangnya sebagai tabungan masa depan. 

3. Rutin menabung dan berinvestasi
 
d 
Sumber: Kumparan.com 
 
Hal lain yang dilakukan orang cerdas finansial adalah rutin menabung. Mereka selalu berusaha menyisihkan sebagian gajinya untuk memenuhi tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Saat menabung, mereka tak lupa mengambil untung dari berinvestasi. Meskipun pasar saham berfluktuasi, secara historis investasi bisa memberikan keuntungan sebesar 7% per tahunnya.  

4. Selalu Memonitor Kredit

Kamu mungkin sudah tahu bahwa  kredit mempengaruhi tingkat bunga. Hal ini menjadi perhatian ketika kamu mengajukan pinjaman mobil, rumah, dan kartu kredit. Orang yang kondisi finansialnya sehat rutin memeriksa laporan kreditnya setiap tahun.

Itulah beberapa ciri orang cerdas finansial yang wajib kamu ketahui. Jika kamu belum merasa memenuhi kriteria di atas, mulailah ubah kebiasaanmu. Kamu bisa mulai dari hal kecil, seperti menabung dan hindari membeli barang yang kurang diperlukan.

Sumber: Fimela.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.