6 Rekomendasi Tempat Bukber di Jakarta, Menu Nusantara-Mancanegara

  • Jumat, 22/04/2022 - 10:36 WIB
Hai, Sobat Souja! Menu buka puasa itu-itu saja? Tak bisa dimungkiri Anda pasti ingin sesuatu yang berbeda dan istimewa untuk berbuka puasa bersama (bukber). Berikut rekomendasi tempat bukber atau buka puasa di Jakarta.

Sesekali, momen berbuka puasa layak diisi dengan menu spesial bersama orang-orang terkasih.

Terdapat sejumlah tempat-tempat buka puasa di Jakarta yang patut masuk agenda Anda bersama keluarga dan kerabat dekat. Menunya pun beragam mulai dari masakan Nusantara hingga mancanegara.
Berikut rekomendasi tempat bukber atau buka puasa di Jakarta.

1. Grand Hyatt Jakarta
 
d 
Sumber: Hyatt 

Grand Hyatt Jakarta menyuguhkan pilihan prasmanan khas Indonesia meliputi masakan tradisional Jawa, Bali dan Sulawesi, seperti kambing guling, bebek palekko, ayam betutu, gudeg Yogya dan banyak lainnya.

Tidak kalah menarik, tersedia pula kudapan lokal dan Timur Tengah seperti serabi Solo, es cincau hijau dan baklava.

Anda juga dapat melepaskan dahaga setelah berpuasa dengan minuman segar seperti kopi pasir ala Turki, susu kurma, serta air kelapa.

Selain itu, Grand Café di lantai lobi Grand Hyatt Jakarta juga menyediakan variasi hidangan berbuka puasa dari lima area dapur yang terbuka.

Ragam kuliner Indonesia yang tersedia seperti seperti gado-gado, sate dan mie ayam, dimasak dan disajikan secara langsung dan hangat di hadapan.

Sebagai bonus, sajian buka puasa ini dapat dinikmati sambil menyaksikan pemandangan ikonik Bundaran HI, Jakarta di area balkon kafe dan cocok untuk tempat bukber.

Grand Hyatt Jakarta menjadi salah satu rekomendasi tempat bukber yang bisa Anda coba. (Arsip Grand Hyatt Jakarta)

2. Arts Cafe by Raffles - Raffles Jakarta
 
d 
Sumber: CAMEMBERU 

Arts Cafe by Raffles mengusung menu-menu Nusantara yang terbilang 'next level'. Dari tangan koki andalannya, Chef Lukman Hakim, tercipta menu-menu Nusantara yang diolah dengan pendekatan teknik memasak dan bahan berbeda.

"Sebenarnya ini reinventing, menemukan kembali makanan Indonesia versi kami. [Yang wajib dicoba] menu-menu di show kitchen menu ada 5 Tuna Na Niura, Nasi Bebek Ireng, Rendang Tortellini, Barramundi Arsik, Sate Ayam. Di luar itu ada sei sapi, lumpia Semarang, rawon, lalu gado-gadonya harus coba," ujar Chef Lukman saat ditemui di Arts Cafe by Raffles, Raffles Jakarta, Kamis (7/4).

Tuna na niura adalah kuliner khas Batak yang mirip sashimi ala Jepang. Biasanya naniura menggunakan ikan nila atau ikan mas Danau Toba, tetapi Chef Lukman menggantinya dengan tuna yang lebih akrab di lidah. Nasi bebek ireng tidak boleh Anda lewatkan selain karena bebek goreng yang empuk, juga nasinya yang kaya rasa.

Di samping itu, jangan lupa cicip Sei Sapi en Croute. Sei sapi dibungkus dengan daung singkong dan puff pastry, lalu dinikmati dengan saus dan sambal matah. Sebaiknya nikmati semua dalam sekali 'hap' karena sensasinya akan berbeda dari santapan sei sapi pada umumnya.

Arts Cafe by Raffles menjadi salah satu rekomendasi tempat bukber di Jakarta yang menawarkan berbuka dengan menu khas Nusantara. (CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)

3. PA.SO.LA Restaurant - Ritz-Carlton Jakarta
 
D 
Sumber: TripAdvisor 

Menyicip menu khas Turki ternyata cukup bertandang ke PA.SO.LA Restaurant, Ritz Carlton Jakarta. Tak tanggung-tanggung, restoran mendatangkan langsung Chef de Cuisine The Ritz Carlton Istanbul, Chef Onur Kilicaslan. Ini seolah jadi jaminan bahwa menu santapan bukan menu Turki 'kaleng-kaleng'.

Mulai santapan Anda dengan takjil berupa Turkish Pistachio Baklava dan Smoked Chocolate dengan bahan-bahan yang didatangkan dari Turki. Kemudian masuk ke menu utama berupa Beef Kavurma, Sauteed Chicken, Bulgur Pilaf, dan Grilled Barramundi.

Kavurma merupakan hidangan daging goreng atau tumis, sedangkan Bulgur Pilaf jadi hidangan vegan khas Turki yang terbuat dari bulgur atau jenis gandum utuh gurih yang dimasak bersama sayuran, rempah dan kaldu.

4. 1928 Restaurant - The Hermitage Hotel Jakarta
 
d 
Sumber: Now Jakarta 
 
Beranjak ke kawasan Jakarta Pusat, Anda perlu mencoba menu buka puasa bertema peranakan di 1928 Restaurant, The Hermitage Hotel Jakarta. Terdapat menu andalan seperti Gulai Kepala Ikan Salmon, Ayam Belacan, Sup Bakwan Kepiting, Sotong Masak Hitam, dan Udang Sambal Belimbing.

Menu-menu ini khusus disiapkan untuk Ramadan 2022 oleh Executive Chef Ferdian Tobing dan tim.

"Gulai Kepala Ikan jadi menu andalan kami, ikannya khusus kepala salmon, ada rasa pedas dengan rempah yang kuat," ujar Chef Ferdian pada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

Sebelum ke menu utama, sebaiknya berbuka dengan takjil berkonsep Menara Takjil. Menara Takjil akan berisi kurma, ongol-ongol, kue lapis, dan jajanan pasar lainnya. Untuk takjil yang manis dan segar, Anda wajib mencoba Sagu Gula Melaka dan Cendol Segar.

1928 Restaurant Menawarkan menu berbuka puasa dengan konsep peranakan. Menu andalannya adalah Gulai Kepala Salmon dan Sup Bakwan Kepiting. (CNN Indonesia/ Tiara Sutari)

5. Signature Restaurant - Kempinski Jakarta
 
d 
Sumber: Zomato.com 

Kempinski Jakarta memang jadi rujukan menginap dengan pemandangan kota yang luar biasa. Begitu pula untuk urusan kuliner, Signature Restaurant menyajikan aneka hidangan istimewa khusus untuk bulan Ramadan. Bertema Mandalika Rijsttafel, terdapat menu-menu Nusantara yang tidak boleh dilewatkan.

CNNIndonesia.com merekomendasikan beberapa menu di antaranya, sei sapi, salmon naniura dan papiong. Chef Heri, Executive Chef Signature Restaurant, menjelaskan sei terbuat dari potongan daging sapi lokal tenderloin dan striploin. Kemudian naniura khas Batak terbuat dari salmon segar.

"Naniura ini biasanya pakai ikan mas, tapi karena banyak duri, makanya diganti salmon," jelas Chef Heri.

Pa'piong khas Toraja sendiri merupakan masakan berbahan dasar ayam yang dimasak di dalam bambu bersama berbagai macam bumbu. Ayam pun memiliki tekstur lembut, harum dan kaya rasa.

Signature Restaurant, Kempinski Hotel Jakarta Menawarkan menu berbuka dengan tema Mandalika risjsttafel. Menu andalan di sini adalah sei sapi dan salmon naniura. (CNN Indonesia/ Tiara Sutari)

6. The Westin Jakarta

Ingin merasakan suasana berbuka di Timur Tengah? The Westin Jakarta menawarkan pengalaman buka puasa berkonsep dine-in Al Fanous. Ini berarti semua serba Timur Tengah baik konsep dekorasi ruangan dan menu makanannya.

Sejumlah menu utama tidak boleh dilewatkan antara lain, Kuzu Pilav, Coban Salata, Hunkar Begendi dan Falafel. Kuzu Pilav adalah hidangan nasi rempah dan domba, sedangkan Coban Salata merupakan salad khas Turki yang terdiri dari tomat, timun, bawang merah, paprika hijau, dan keju.

Tak main-main, The Westin Jakarta menyajikan hidangan ala sultan dengan Hunkar Begendi. Hidangan Ottoman yang berarti 'Sultan's delight' ini terdiri dari rebusan domba yang disajikan dengan saus bechamel (saus putih) terong. Kemudian Falafel cocok disebut gorengan ala Timur Tengah berbentuk bola-bola dari kacang Arab yang digiling lalu digoreng.

Sebagai penutup, Anda perlu menyicip hidangan penutup berupa Baklava kudapan khas Turki dari kacang pistachio, Basbousa yakni kue manis khas Mesir, dan Firinda Sutlac yakni puding panggang khas Turki.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.