Sobat Souja, THR alias Tunjangan Hari Raya menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu jelang Lebaran. THR sama halnya seperti mendapatkan asupan dana " />

THR Cair, Ikuti Tips Cara Kelola Keuangan Yang Benar!

  • Jumat, 22/04/2022 - 10:36 WIB
Sobat Souja, THR alias Tunjangan Hari Raya menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu jelang Lebaran. THR sama halnya seperti mendapatkan asupan dana tambahan di tengah bulan untuk mempersiapkan hari Raya Lebaran. Tapi jangan sampai kalian kalap menghabisi THR-mu ya. Sobat harus bisa memanfaatkan THR semaksimal mungkin. Jangan sampai pengeluaran yang kalian lakukan akhirnya membuat kantong jebol bahkan sebelum hari Lebaran. Berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa kalian ikuti guna mengelola keuangan THR menyambut Lebaran nanti. Langsung aja kita simak informasinya berikut ini yuk!
 
thr lebaran
Source: tstatic.net
 
1. Tentukan Anggaran
Silakan kalian rinci, apa saja sih kebutuhan hari Lebaran? Misalnya anggaran pulang kampung itu meliputi tiket pulang-pergi, biaya membeli bahan baku untuk menu Lebaran, membeli baju anak, menyisihkan angpau untuk keluarga, dan lain sebagainya. Semakin detail, semakin baik. Anggaran ini akan membantu kamu supaya tidak over budget, atau bikin keuanganmu menipis sehabis Idul Fitri.

2. Wajib Pisahkan THR & Gaji
Salah satu hal yang paling membahagiakan saat bulan puasa Ramadan adalah menerima THR. Pastikan kalian tidak terlalu kalap saat melihat nominal di rekening bank membuncit karena masuknya dua sumber dana keuangan. Untuk gaji, Sobat tetap harus alokasikan ke kebutuhan bulanan dan pengeluaran rutin setiap bulan. Nah, THR inilah yang akan digunakan untuk keperluan menjelang hari raya Idul Fitri.

3. Persiapkan Dana Darurat
Memang sih hari Lebaran itu hanya singkat, tapi bukan berarti dana darurat tidak perlu disiapkan. Sobat harus tetap menyediakan dana darurat dalam bentuk cash untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tidak terduga saat Idul Fitri.

4. Berbelanja Sesuai Kebutuhan
Momen Idul Fitri sering kali menjadi momen kalap belanja bagi sebagian orang. Mereka berpikir, karena ini hanya akan terjadi setahun sekali, jadi tak masalah membeli semua barang walaupun tidak terlalu penting. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah cek kembali anggaran yang sudah kamu susun, apakah kebutuhan yang dicatat itu memang dibutuhkan atau masih bisa dikesampingkan.

5. Belajar Keuangan
Mengapa harus belajar keuangan? Jadi begini, mumpung masih suasana sebelum Lebaran, tidak ada salahnya jika Sobat belajar keuangan supaya menghindari pengelolaan keuangan yang salah. Misalnya over budget dan tidak membuatmu kesulitan setelah hari Lebaran. 
 
kelola THR
Source: akamaized.net
Nah, itu dia Sobat Souja beberapa tips yang bisa kalian ikuti guna mengatur keuangan THR yang kalian dapatkan menjelang Lebaran nanti. Biasanya masyarakat melakoni tradisi mudik untuk bersilaturahmi bersama keluarga dan kerabat. Tanpa disadari, tradisi mudik inilah yang akan menyerap biaya yang terbilang banyak. Untuk itu pengelolaan anggaran dengan baik sangat diperlukan ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Fimela.com
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.