11 Kuliner Enak di Banjarnegara, Purworejo, Magelang, dan Yogyakarta

  • Senin, 09/05/2022 - 13:25 WIB
Hai, Sobat Souja! Idulfitri selalu identik dengan pekerja atau perantau yang pulang ke kampung halaman atau mudik. Pemudik bisa menggunakan berbagai transportasi, baik darat, udara, maupun laut.

Jika mudik menggunakan transportasi darat, tak ada salahnya Anda berhenti sejenak untuk menikmati berbagai kuliner. Makanan di sepanjang jalur mudik biasanya tak kalah nikmat dibanding yang ada di restoran ternama di kota.

Jika mudik melintasi Banjarnegara, Purworejo, Magelang, dan Yogyakarta, maka Anda bisa mencicipi kuliner di kota tersebut. Keempat kota ini memiliki kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan.

Berikut kuliner enak di Banjarnegara, Purworejo, Magelang, dan Yogyakarta.

Kuliner Banjarnegara

Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini memiliki wisata alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui keindahannya.

Banjarnegara juga mempunyai banyak dan beragam kuliner, mulai dari makanan ringan dan makanan berat yang bisa memanjakan lidah.

1. Tahu Sumedang

Tahu sumedang merupakan makanan khas dari Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Meski berasal dari Sumedang, tahu ini bisa ditemukan di daerah lainya termasuk Purwokerto.

Bagian luar tahu sumedang terasa renyah, sedangkan bagian dalamnya terasa lembut. Tahu sumedang biasanya disantap dengan lontong sera sambal yang terbuat dari cabai, tomat, dan tauco.

Salah satu tempat yang menyajikan ini adalah Oemah Tahu Sumedang Mang Eman yang terletak di Jalan Raya Brengkok, Sigaluh, Banjarnegara.

2. Kluban
 
s 
Sumber: Resep Masakan Rumahan 
 
Kluban terdiri dari berbagai sayuran seperti kacang panjang, nangka muda, taoge, timun, kol, dan sawi. Makanan ini biasanya dilengkapi bumbu yang menggunakan cabai merah, terasi, kencur, garam dan gula. Kluban juga kerap disajikan dengan kerupuk yang renyah.

3. Ayam Ingkung

Makanan ini menghadirkan ayam kampung utuh yang dimasak dengan kuah kaldu ayam. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai lauk tumpeng.

Ayam ingkung sudah ada sejak kerajaan Jawa dipengaruhi oleh agama Hindu. Dahulu, ayam ini disajikan sebagai lauk dalam prosesi adat Jawa.

Kuliner Purworejo

Purworejo dikenal akan tempat wisata dan makanan khas yang nikmat. Harga kuliner di kota ini juga terjangkau sehingga saat tepat dinikmati saat perjalanan mudik.

4. Dawet Ayu dan Dawet Ireng
 
s 
Sumber: DetikFood 

Minuman ini mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional Jawa Tengah. Dawet Ayu menggunakan tepung beras dan tepung beras ketan sebagai bahan dasar. Minuman ini juga dilengkapi santan, dan gula aren.

Sementara dawet ireng merupakan es cendol khas Purworejo. Butiran dawet berwarna hitam abu bakar jerami yang dicampur dengan air sehingga menghasilkan air berwarna hitam. Air ini kemudian digunakan sebagai pewarna dawet.

Tidak jauh berbeda dengan cendol lainnya, dawet ireng berbahan dasar tepung beras. Kuahnya dari santan kelapa dan gula jawa yang dilengkapi daun pandan.

Sajian ini bisa ditemukan di warung Dawet Pos di Jalan Ahmad Yani, Purworejo.

5. Sate dan Gulai Kambing Muda

Aneka olahan daging kambing seperti sate dan gulai kambing bisa ditemukan di Purworejo. Daging kambing baik dikonsumsi karena tinggi zat besi dan protein.

Meski demikian, alangkah baiknya untuk tetap mengontrol asupan daging kambing untuk menjaga kesehatan Anda. Perlu diingat, menyantap apapun yang berlebihan tak baik untuk kesehatan.

Salah satu restoran yang menyajikan olahan daging kambing adalah warung Pak Ahmad Keri Winong yang terletak di Winong, Kemiri, Purworejo.

Kuliner Magelang

Kota Magelang memiliki wisata kuliner dengan cita rasa yang enak dan nikmat. Selain itu, makanan khas Magelang juga mengandung nilai historis.

6. Sup Senerek
 
d 
Sumber: Kompas.com 
 
Makanan ini merupakan sup kacang merah dengan kuah bening. Sup senerek biasa disantap dengan nasi hangat serta lauk seperti tahu dan tempe.

Rekomendasi sup senerek bisa ditemukan warung Bu Atmo di Jalan Mangkubumi, Cacaban, Magelang.

7. Kupat Tahu

Makanan ini berbahan dasar ketupat, tahu, kol, dan taoge goreng yang disiram dengan bumbu kacang dan kecap. Lontong juga dapat digunakan sebagai alternatif pengganti ketupat.

Makanan ini bisa ditemukan di warung Pak Pangat di Jalan Panembahan Senopati, Magelang.

Kupat tahu jadi salah satu kuliner enak yang bisa Anda coba saat melewati Magelang. (CNN Indonesia/Endro Priherdityo)

Kuliner Yogyakarta

Sajian khas bisa ditemukan di kota pelajar ini. Setiap sudut Yogyakarta menawarkan berbagai hidangan yang sayang untuk dilewatkan.

8. Ayam Goreng Bacem

Makanan ini terbuat dari ayam kampung yang diberi bumbu bacem yaitu gula merah, bawang merah, ketumbar dan bumbu lainnya. Ayam kemudian digoreng hingga berwarna kecoklatan.

Hidangan ini memiliki cita rasa manis dan akan semakin nikmat disantap bersama lalapan dan sambal.

Ayam goreng bacem bisa ditemukan di warung Bu Hartin di GN. Gempal, Giri Peni, Kulon Progo, Yogyakarta,

9. Gudeg

Gudeg jadi salah satu kuliner enak yang bisa Anda coba saat menyambangi Yogyakarta. (CNN Indonesia/Donatus Fernanda Putra)

Tak lengkap rasanya jika mengunjungi Yogyakarta tanpa menikmati gudeg. Makanan ini terbuat dari nangka yang biasanya diracik dengan sambal goreng krecek, telur pindang, dan areh. Harganya pun sangat bervariatif dan bisa menyesuaikan dengan selera anda mulai dari yang manis hingga yang pedas.

Salah satu gudeg bisa ditemukan di Jalan Senopati, Prawirodirjan, Yogyakarta.

10. Sambel Welut
 
d 
Sumber: Cookpad 
 
Sambel welut terbuat dari belut goreng yang disuwir dan dicampur dengan cabai hijau dan petai. Hidangan ini menawarkan rasa pedas dan gurih.

Menu ini bisa dinikmati di warung Pak Sabar di Jalan Bugisan, Tegal Senggotan, Bantul, Yogyakarta.

11. Mangut Lele

Mangut lele terbuat dari lele yang dimasak seperti sayur santan pedas, namun menggunakan kencur yang akan menambah kekhasan rasanya. Makanan ini biasanya menggunakan lele goreng atau lele asap. Mangut lele semakin lengkap dengan bumbu kacang dan kikil.

Mangut lele bisa ditemukan di warung Mbah Marto di Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.