Resep Membuat Telur Orak-Arik yang Lembut seperti di Restoran

  • Jumat, 13/05/2022 - 10:41 WIB
Hai, Sobat Souja! Telur kerap jadi jawaban untuk kebutuhan makan yang cepat dan mengenyangkan.  Berikut resep membuat telur orak-orik yang lembut ala restoran.

Telur orak-arik mungkin menu sarapan terbaik sebab tinggi protein. Sebagaimana dilansir LiveStrong, dua telur berukuran besar mengandung 182 kalori dan 120 kalori di antaranya berasal dari lemak.

Namun hanya sekitar 37 kalori dari lemak jenuh dan sisanya berupa lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Kemudian Anda juga mendapatkan 12 g protein dari satu porsi telur orak-arik ini.

Akan tetapi, telur orak-arik buatan sendiri tak selalu lembut seperti di restoran. Koki Sam Davis-Allonce menuturkan awalnya dia menghabiskan masa dewasa dengan menambahkan susu pada telur orak-arik. Telur orak-arik pun jadi lebih kental, bukan lembut.

"Namun ketika saya mulai memasak, saya menyadari bahwa air adalah cara yang tepat," kata Davis-Allonce mengutip dari Well and Good.

Hal ini diamini Natalie Alibrandi, ilmuwan pangan yang berbasis di London. Dengan menambahkan air, kata dia, Anda mencegah protein berikatan terlalu cepat.

"Air menghasilkan uap saat dipanaskan dan hasilnya, tekstur telur jadi lebih pulen," imbuhnya.

Anda tidak perlu jadi koki profesional untuk menyajikan telur orak-arik lembut ala restoran. Cukup ikuti langkah-langkah berikut.

1. Pecahkan telur dan masukkan ke dalam mangkuk. Campur dengan setengah sendok teh air untuk tiap telur. Anda bisa menambahkan air untuk hasil lebih lembut misal satu sendok teh untuk satu telur. Kemudian tambahkan sedikit garam.

2. Kocok telur dengan garpu pengocok. Kocok hingga benar-benar menyatu dan muncul gelembung kecil.

3. Siapkan wajan anti lengket, masukkan satu sendok makan minyak goreng atau mentega. Panaskan dengan api sedang.

4. Tuang telur pada wajan yang sudah dipanaskan, lalu aduk dengan spatula.

5. Masak sesuai tingkat kematangan orak-arik yang diinginkan. Masak sebentar untuk mendapatkan telur orak-arik lunak, lalu angkat dan sajikan.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.