Tips Atur Pola Makan Sehat Saat Lebaran ala Nutrisionis Rendy Dijaya

  • Kamis, 19/05/2022 - 14:46 WIB
Hai, Sobat Souja! Selama berpuasa terdapat beberapa perubahan pola makan, pola tidur, hingga aktivitas fisik. Ketiga perubahan ini tentunya akan berakibat kepada pergeseran indeks massa tubuh.

Dengan menjalankan puasa dengan baik, maka akan mendatangkan banyak manfaat buat tubuh. Tidak hanya berat badan saja yang turun, kadar kolesterol dalam tubuh pun juga ikut berkurang. Sayangnya, setelah Lebaran justru banyak yang badannya menjadi turut “lebar-an”.
Seorang nutrisionis bernama Rendy Dijaya, S.Si. mengungkapkan beberapa kebiasaan buruk saat berbuka yang berdampak pada naiknya berat badan pasca Lebaran. “Ketika puasa kita sudah tahan lapar lama. Tetapi pas berbuka malah dirapel jadi satu makannya. Jadinya makannya berlebihan. Nah, ujung-ujungnya jadi kelebihan kalori,” kata Rendy dalam webinar dari NutriFood (25/4).

Untuk mencegah hal tersebut, Rendy memberikan tips sehat mengatur pola makan saat Lebaran yang bisa kamu coba di rumah. Apa saja tipsnya? kumparanFOOD telah merangkumnya untuk kamu berikut ini:

1. Hindari makan porsi besar secara langsung

Makan saat Lebaran itu boleh. Tetapi agar kamu terhindar dari kelebihan kalori, kamu bisa mengatasinya dengan makan dalam porsi yang kecil. Selain itu, Rendy juga menyarankan agar makan dengan perlahan dengan menikmati setiap rasa makanannya. Apabila kita makan perlahan, maka akan membuat kita lebih cepat kenyang.

2. Menggunakan menu yang seimbang

Menu Lebaran identik dengan makanan yang berminyak dan kaya akan lemak. Konsumsi makanan berat harus yang seimbang antara lemak, protein, karbohidrat, dan vitaminnya. Rendy memberikan tips, yaitu makan dengan ½ porsi untuk sayur dan buah sebagai sumber serat yang baik. Lalu ½ piring lagi untuk lauk pauk dan makanan pokok.

3. Perhatikan gula, garam, dan lemak

Rendy menjelaskan batasan konsumsi harian untuk gula sebanyak 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan, garam sebanyak 5 gram atau setara 1 sendok teh, dan lemak sebanyak 67 gram atau setara dengan 5 sendok makan. Lalu, bagaimana cara membatasi mengonsumsi gula, garam, dan lemak?

Gula: konsumsilah makanan yang tidak memakai gula tambahan, kurangi porsi, dan gunakan pemanis rendah kalori.

Garam: bisa menggunakan rempah-rempah sebagai pengganti garam, kurangi konsumsi pelengkap (saus, kecap, sambal), dan terakhir pilih produk rendah garam.

Lemak: kurangi cara memasak atau kurangi makanan dengan cara memasak deep fry.

Di atas merupakan tips yang bisa kamu ikuti agar tubuh tetap sehat selama Lebaran. Tetap jaga kesehatan kamu, ya dengan mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang agar nikmatnya hari raya tetap terjaga.

Sumber: Kumparan.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.