Konsumsi 5 Buah Ini yang Bagus untuk Membantu Turunkan Kadar Kolesterol Generasi Milenial

  • Kamis, 19/05/2022 - 14:47 WIB
Hai, Sobat Souja! Kolesterol tinggi berbahaya buat kesehatan. Berbagai penyakit bisa disebabkan oleh kondisi tersebut, seperti sakit jantung dan stroke. Bila seseorang didiagnosis kolesterol tinggi, dokter tentu akan menyarankan untuk mengganti pola makan, salah satunya dengan buah.

Sebelumnya diketahui, kolesterol disebabkan oleh konsentrasi kolesterol low-density lipoprotein (LDL), kerap disebut kolesterol jahat, menjadi terlalu tinggi sehingga menumpuk di dinding arteri, membentuk plak.

Jika salah satu dari plak ini pecah, gumpalan darah dapat terbentuk yang kemudian menghalangi aliran darah sehingga menyebabkan serangan jantung atau stroke. Daging merah, mentega, serta produk susu dipercaya jadi sumber utama kolesterol.

Berita bagusnya, buat banyak orang, nutrisi yang bagus dapat mengurangi LDL dan mengatasi kolesterol tinggi, di antaranya mengandung lemak baik seperti ikan dan kacang atau biji-bijian, kemudian berserat layaknya buah-buah dan sayur.

“Diet tinggi serat efektif menurunkan kolesterol,” kata Julia Zumpano selaku ahli diet dari Klinik Cleveland.

Jurnal Asosiasi Jantung Amerika pada 2019 menyebut serat tinggi dari diet tanaman dapat menurunkan risiko sakit jantung. Mengutip Everyday Health dan Eat This, berikut lima buah yang dipercaya bisa turunkan kadar kolesterol.

1. Apel

Buah apel merupakan sumber serat baik, yang mana membantu menurunkan tingkat LDL. Dari riset yang dikeluarkan European Journal of Nutrition, partisipan yang makan 550 gram apel tiap hari, tanpa dijus dan dikupas, memiliki tingkat kolesterol rendah.

2. Alpukat

Pakar diet dari Klinik Mayo Emily Schmidt mengatakan alpukat murni adalah sumber terbagus dari lemak baik. Memiliki lemak tak jenuh tunggal dan lemah tak jenuh ganda, alpukat dipercaya sangat cocok menurunkan kolesterol.

3. Beri

Kandungan serat tinggi dan antioksidan membuat beri jadi salah satu jenis buah terbaik untuk menurunkan tingkat kolesterol. Ahli diet Morgyn Clair mengatakn antioksidan dapat melindungi kolesterol LDL dari oksidasi, menghindarkan dari efek buruknya.

4. Jeruk

Selain rasanya yang enak dan bagus untuk daya tahan tubuh, jeruk juga ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol. Segala jenis jeruk, baik dimakan langsung atau dijus tanpa campuran apapun, bagus untuk kesehatan jantung.

5. Prune

Prune adalah buah plum yang dikeringkan. Menurut data yang ada, 50 gram dari buah dengan rasa manis tersebut setiap harinya bisa meningkatkan kolesterol baik. Buat perempuan menopause, prune bisa mengurangi peradangan dan meningkatkan antioksidan.

Sumber: Kumparan.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.