Telusur Asal-usul Kimchi di Korea, Ibarat Sambal di Indonesia

  • Minggu, 29/05/2022 - 10:15 WIB
Hai, Sobat Souja! Kimchi menjadi salah satu makanan asal Korea yang dikenal dan banyak dikonsumsi orang Indonesia.

Kimchi terbuat dari sayuran yang difermentasi. Proses fermentasi membuat makanan satu ini cenderung asam dan pedas, serta bisa bertahan selama enam bulan hingga satu tahun.

Chef asal Korea Selatan yang juga seorang content creator, Na Dae-hoon mengatakan, kimchi bagi orang Korea adalah menu wajib yang harus selalu terhidang di meja makan. Kimchi bisa dimakan dengan nasi, ramyeon atau dibuat sup hingga nasi goreng.

"Banyak orang Korea yang merasa ada saja yang kurang kalau makan tanpa kimchi," kata Na Dae-hoon dalam acara Mari Ber-Kimchi yang diselenggarakan oleh KCCI, beberapa waktu lalu.

Bagi orang Korea, kimchi ibarat sambal bagi orang Indonesia. Kimchi bisa menambah cita rasa makanan dan menambah kehangatan waktu makan bersama keluarga.

"Dan kimchi juga punya rasa yang pedas, jadi mirip sambal kalau di Indonesia," kata dia.

Makanan untuk Bertahan Hidup

Bagi orang Korea, kimchi adalah makanan untuk bertahan hidup. Sebagai negara empat musim, di masa lalu orang Korea kerap kesulitan mendapatkan makanan, terutama sayur.

Metode fermentasi sayuran dengan membuat kimchi pun jadi alternatif bagi warga Korea agar bisa tetap makan sayur di tengah musim dingin yang menggigit.

"Kimchi sebagai unsur budaya tercatat dalam perkembangan masyarakat Korea dan saat ini menjadi makanan yang mampu merepresentasikan pandangan bangsa Korea," kata Dae-hoon.

Dae-hoon menjelaskan, kimchi mulanya dibuat dengan bahan dasar turnip atau sayuran kelompok umbi-umbian. Seiring waktu, bahan pembuatan kimchi pun beragam, mulai dari sawi putih, lobak, dan berbagai sayuran lainnya.

Baru pada abad ke-16 hingga ke-17, tepatnya di masa kekuasaan Dinasti Joseon, cabai mulai masuk ke Korea. Pembuatan kimchi pun mengalami perkembangan dengan penambahan bubuk cabai yang juga melengkapi cita rasa pedas.

"Sejak masa itulah bahan rempah seperti jahe, bawang putih, cabai jadi bahan dasar utama membuat kimchi," kata dia.

Meskipun menjadi makanan khas Korea, kimchi juga bisa diterima oleh masyarakat dunia, salah satunya Indonesia. Kata Dae-hoon, ada beberapa makanan lokal yang cocok dipadukan dengan kimchi dan makin terasa lezat ketika disantap.

"Karena kimchi ini punya rasa dan aroma yang kuat mirip sambal yah, jadi makanan yang cocok di Indonesia itu yang rempahnya tidak terlalu kuat," kata dia.

Makanan itu misalnya mi ayam yang belum diberi saus sambal, soto yang belum diberi sambal dan perasan jeruk, bubur ayam, pecel lele, hingga ikan bakar.

"Kalau rendang belum cocok ya, karena rendang punya cita rasa yang kuat. Kalau dimakan sama kimchi jadi saling nabrak," kata dia.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.