Manfaat Makanan Pedas, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

  • Kamis, 02/06/2022 - 11:58 WIB
Hai, Sobat Souja! Siapa yang tak suka makanan pedas? Makanan yang menimbulkan sensasi panas di mulut ini jadi favorit banyak orang.

Tak cuma nikmat saat disantap, ada juga beberapa manfaat makanan pedas yang bisa Anda dapatkan.

Makanan pedas umumnya dibuat dengan menggunakan bahan cabai. Capsaicin, merupakan senyawa aktif pada cabai yang menimbulkan rasa pedas dan panas.

Biasanya, capsaicin kerap digunakan untuk mengatasi rasa nyeri. Selain rasa nyeri, kandungan ini juga punya manfaat lain untuk kesehatan.

Ada beberapa khasiat yang bisa didapatkan saat mengonsumsi makanan pedas. Berikut di antaranya, mengutip berbagai sumber.

1. Memberikan umur panjang
 
d 
Sumber: Healthline 

Mengutip Healthline, sebuah studi tahun 2015 yang dilakukan Center for Disease Control and Prevention China menemukan, mengonsumsi makanan pedas 6-7 kali dalam sepekan atau setidaknya sekali dalam sehari dapat menurunkan tingkat risiko kematian dini sebesar 14 persen.

2. Mempercepat metabolisme
 
d 
Sumber: Line Today 
 
Manfaat makanan pedas selanjutnya adalah mempercepat metabolisme.

Data di berbagai penelitian menunjukkan bahwa rempah-rempah tertentu, termasuk di antaranya cabai, dapat meningkatkan proses metabolisme dan memperlambat nafsu makan.

3. Membantu melawan sel kanker

Capsaicin, zat aktif dalam cabai, telah terbukti dapat membantu memperlambat dan menghancurkan sel kanker.

Studi yang dilakukan UCLA menemukan bahwa capsaicin punya kemampuan menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada tikus.

4. Menurunkan berat badan

Meski terasa mengada-ngada, namun penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih banyak mengonsumsi makanan pedas cenderung tidak mengalami kelebihan berat badan.

Menukil laman Cleveland Clinic, meningkatkan asupan rempah-rempah disebut dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara yang saling berbeda.

5. Mengontrol nafsu makan

Cabai dan rempah-rempah lainnya disebut berpotensi memengaruhi rasa lapar. Sejumlah penelitian menemukan, capsaicin bekerja pada hipotalamus, bagian otak yang mengontrol rasa lapar dan kenyang.

Ditemukan juga bahwa orang yang gemar mengonsumsi makanan pedas punya kecenderungan untuk makan dalam porsi lebih sedikit.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Dengan membantu memecah lemak dalam makanan, rempah-rempah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan pedas dapat menurunkan risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes tipe 2.

7. Mengatasi peradangan

Manfaat makanan pedas lainnya adalah membantu melawan peradangan. Bukti memperlihatkan capsaicin dapat membantu memerangi peradangan ringan di area usus.


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.