5 Makanan untuk Bantu Merangsang Indera Penciuman

  • Kamis, 02/06/2022 - 13:18 WIB
Hai, Sobat Souja! Bukan cuma Covid-19 yang bisa membuat Anda kehilangan indera penciuman. Tapi jangan khawatir ada makanan untuk mengembalikan indera penciuman.

Anosmia atau kehilangan indera penciuman bisa terjadi karena berbagai penyebab misalnya alergi, batuk dan pilek, sampai sinusitis.

1. Bawang putih

Sifat anti-inflamasi yang kuat dari asam ricinoleic penyusun aktif dalam bawang putih mengurangi pembengkakan dan peradangan di dalam saluran hidung. Bawang putih menjadi salah satu makanan untuk mengembalikan indera penciuman.

Adanya sifat anti-bakteri dari bawang putih menambah keuntungannya dengan membersihkan endapan dahak dari saluran hidung dan juga memudahkan pernapasan dengan memperlebar saluran hidung.

2. Lemon

Kandungan vitamin C, antioksidan, dan sifat anti-mikroba yang kuat dari lemon sangat penting dalam mengobati infeksi yang dan menghilangkan timbunan lendir berlebihan di saluran hidung.

Anda cuma perlu memeras jus satu lemon dalam segelas air hangat dan tambahkan satu sendok teh madu dan minum teh lemon ini dua kali sehari untuk menghilangkan tenggorokan dan hidung tersumbat.

3. Daun mint

Daun mint juga menjadi salah satu minuman dan makanan untuk mengembalikan indera penciuman.

Hal ini terjadi karena aroma daun mint yang kuat. Kandungan mentol bio-aktif dalam daun mint menunjukkan sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang memainkan peran penting dalam meredakan gejala batuk dan flu yang menyebabkan hidung tersumbat, tenggorokan dan rongga dada.

4. Jahe

Gingerol, bahan aktif dalam jahe memberikan aroma dan rasa jahe yang khas yang membantu merangsang indera perasa dan meningkatkan indera penciuman. Hal ini juga menjadikan jahe sebagai makanan untuk mengembalikan indera penciuman.

Jahe juga menunjukkan sifat anti-mikroba dan pereda nyeri yang ampuh yang membantu mengobati infeksi di saluran hidung dan membersihkan partikel rematik dari hidung.

5. Cabe

Makanan untuk mengembalikan indera penciuman juga bisa bersumber dari cabai rawit atau bubuk cabai.

Capsaicin, yang dikatakan efektif "membersihkan" hidung tersumbat, mengaktifkan indera dan meningkatkan fungsi indera penciuman.

Hanya saja makanan untuk mengembalikan indera penciuman ini tak berarti Anda bakal langsung sembuh atau penciuman akan kembali. Makanan ini akan membantu meringankan gejala dan melatih indera penciuman.

Anda juga disarankan untuk melakukan terapi penciuman.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.