7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Banyuwangi untuk Dibawa Pulang

  • Kamis, 02/06/2022 - 13:18 WIB
Hai, Sobat Souja! Berwisata ke Banyuwangi kurang lengkap rasanya apabila tidak membawa oleh-oleh khas setempat. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Banyuwangi yang bisa menjadi pilihan.

Banyuwangi merupakan kota yang berada di ujung timur Pulau Jawa. Kota ini memiliki beragam tempat wisata yang menawan mulai dari gunung, laut, hingga pantainya.

Di samping terkenal dengan keindahan alamnya, Banyuwangi juga menawarkan beragam makanan hingga kerajinan yang bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk orang tercinta di rumah.

Jika Anda menyempatkan diri berkunjung ke kabupaten terluas di Jawa Timur ini, luangkan waktu untuk membeli oleh-oleh khas Banyuwangi. Berikut daftarnya.

1. Kopi Osing
 
s 
Sumber: Tribun 
 
Banyuwangi merupakan salah satu kota dengan penghasil kopi terbaik di Indonesia. Di Banyuwangi anda akan menemukan berbagai jenis kopi dengan cita rasa yang khas seperti Kopi Kemiren, Kopi Lanang, Kopi Pingit, atau Kopi Seblang.

Dari beberapa jenis kopi yang ada di Banyuwangi, kopi Kemiren menjadi salah satu kopi terbaik khas Banyuwangi. Kopi ini berasal dari suku Osing Kemiren Banyuwangi.

Kopi Kemiren atau yang biasa dikenal dengan kopi Osing merupakan kopi kebanggaan masyarakat Banyuwangi. Cara pengolahannya cukup unik yaitu dengan cara disangrai di wajan yang berbahan dasar tanah liat dan di bakar di atas tungku kayu.

2. Kue bagiak
 
d 
Sumber: Adira 

Kue bagiak terbuat dari tepung kanji atau tepung sagu yang diberi campuran garam, susu, telur, rempah dan bahan perasa lainnya.

Kue ini dimasak dengan cara dipanggang di oven sehingga memiliki tekstur garing pada bagian pinggirnya. Rasa dari kue bagiak ini gurih dan manis.

Selain manis, kue bagiak saat ini tersedia dalam berbagai variasi rasa, seperti cokelat, stroberi, dan madu yang tidak kalah nikmat.

3. Ladrang sabrang

Ladrang sabrang merupakan oleh-oleh khas Banyuwangi berikutnya yang wajib dicoba. Camilan ini memiliki beberapa variasi rasa seperti asin dan manis tergantung dari bahan dasar pembuatannya.

Untuk Ladrang manis biasanya menggunakan labu, sedangkan ubi ungu sering dibuat menjadi ladrang rasa asin. Jajanan ini berbentuk panjang seperti stik dengan tekstur yang renyah.

Camilan Ladrang juga mengandung kolin, beta karoten, dan serat. Bagi Anda yang sedangan menjalani program diet, ladrang bisa menjadi camilan lantaran mengandung serat dan nutrisi lainnya.

4. Savana cake Banyuwangi

Selain jajanan tradisional, Banyuwangi juga menyediakan oleh-oleh kekinian seperti Savana Cake Banyuwangi. Cake ini berbeda dari cake pada umumnya karena berbahan dasar dari pisang.

Mulanya nama kue ini terinspirasi dari keindahan salah satu tempat wisata yang ada di Banyuwangi yaitu Padang Savana yang letaknya berada di Taman Nasional Baluran atau Alas Purwo.

Variasi rasa Savana Cake ini juga cukup unik karena diambil dari nama berbagai tempat wisata terkenal Banyuwangi lainnya. Beberapa di antaranya yaitu savana blue fire, savana red island, savana green bay, savana wedi ireng, dan savana sunrise of Java.

5. Dodol salak

Jika dodol pada umumnya terbuat dari durian dan tepung ketan, di Banyuwangi Anda akan menemukan dodol yang berbeda. Dodol khas Banyuwangi terbuat dari bahan dasar buah salak.

Dodol salak khas Banyuwangi banyak menjadi incaran wisatawan karena rasanya yang unik. Tekstur dodol yang kenyal dan lembut serta aroma dan rasa salak yang begitu terasa membuat dodol salak ini menjadi istimewa.

Selain bahan dasarnya yang unik karena terbuat dari salak, dodol ini juga memiliki keunikan lainnya yaitu pembungkus dodol yang menggunakan daun lontar kering sehingga menambah aroma khas pada dodol salak ini.

6. Kerajinan Gintangan

Gintangan merupakan salah satu nama desa yang ada di Banyuwangi. Desa ini terkenal dengan hasil kerajinan tangan yang terbuat dari anyaman bambu.

Produk yang dihasilkan dari anyaman bambu ini cukup beragam mulai dari kotak tisu, keranjang, tempat minum, tempat perhiasan dan masih banyak lagi. Harga dari kerajinan ini relatif murah tergantung dari jenis dan ukurannya.

7. Batik Gajah Oling

Batik Gajah Oling adalah salah satu oleh-oleh khas Banyuwangi (ANTARA FOTO/ Budi Candra Setya)

Batik Gajah Oling merupakan salah satu batik khas Banyuwangi. Banyuwangi memiliki banyak sekali jenis motif batik namun yang paling terkenal dan paling banyak dicari yaitu batik dengan motif Gajah Oling.

Motif Gajah Oling adalah salah satu motif batik tertua yang ada di Banyuwangi. Motif ini bagi masyarakat setempat memiliki makna yang luhur. Selain itu, bahan dari batik ini cukup adem dan harganya tidak jauh berbeda dari batik pada umumnya.

Demikian rekomendasi oleh-oleh khas Banyuwangi yang bisa Anda jadikan sebagai referensi saat berkunjung ke sana.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.