Halo, Sobat Soulja! Bahan aktif belakangan ini sangat populer dan disebut-sebut sebagai bahan terbaik untuk perawatan kulit. Sala" />

Jangan Sampai Salah! Ketahui Perbedaan Retinol dan Retinoid

  • Rabu, 08/06/2022 - 10:06 WIB

Halo, Sobat Soulja! Bahan aktif belakangan ini sangat populer dan disebut-sebut sebagai bahan terbaik untuk perawatan kulit. Salah dua bahan aktif yang banyak digemari oleh para pecinta skincare adalah retinol dan retinoid. Lantas, di mana letak perbedaan retinoid dan retinol dalam perawatan kulit? Dihimpun dari Byrdie, berikut ulasannya.

 

Apa Itu Retinoid?

Retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang diubah menjadi asam retinoat. Bahan ini termasuk dalam antioksidan yang ampuh melawan tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dengan menambah kadar kolagen dalam kulit yang dari waktu ke waktu semakin menurun. 

 

Menurut Melissa Levin, MD, FAAD, seorang dokter kulit yang berbasis di New York dan pendiri Entière Dermatology, retinoid pada dasarnya adalah istilah umum dasar untuk retinol yang dijual bebas sedangkan retinoid dijual dengan resep.

 

Selain melawan penuaan dini, retinoid diketahui terbukti memperbaiki warna dan tekstur kulit. Cara kerjanya yaitu dengan meningkatkan pergaintian sel dan mencerahkan noda hitam. Beberapa turunan retinoid seperti tretinoin juga diketahui menghilangkan jerawat dan membebaskan pori-pori tersumbat.

 

Ada juga tazarotene yang mengobati psoriasis dengan menenangkan peradangan dan mengatur pertumbuhan sel kulit. Dikutip dari website Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia, asam retinoat, adapalene, etretinate, dan tazarotene adalah turunan retinoid yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. 

 

Retinol retinoid Sumber: Mikelkristi.com

 

Apa Itu Retinol?

Beda hal yang dengan retinoid yang dijual menggunakan resep, retinol sendiri dijual bebas di pasaran, sebab, menurut Levin, retinol memiliki konsentrasi yang lebih rendah dari  asam retinoat aktif.

 

Selain itu, retinol punya nama lain pada kemasan skincare, seperti retinyl palmitate, retinyl linoleate, retinaldehyde, propionic acid, atau retinyl acetate. "Semakin banyak konversi, semakin lemah produknya," jelas Levin.

 

Kendati termasuk dalam turunan retinoid paling mild, tapi baik retinol maupun retinoid tetap mengandung sejumlah kecil bahan aktif yang nggak boleh disepelekan pada beberapa orang, seperti ibu hamil, misalnya, sebab bisa mengganggu pertumbuhan janin dan cacat janin.

 

Nah maka dari itu penting untuk memperhatikan pemakaian kedua bahan aktif ini. Bila perlu, jangan ragu untuk berkonsiltasi dengan ahlinya, ya Sobat Soulja.

 

Sumber: Beautynesia.id


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.