5 Rekomendasi Tempat Wisata saat HUT Jakarta

  • Rabu, 22/06/2022 - 12:04 WIB
Hai, Sobat Souja! Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 DKI Jakarta jatuh pada Rabu ini (22/6). Untuk ikut merayakan hari jadinya tahun ini, Anda bisa menjelajah beberapa tempat wisata saat HUT Jakarta yang bersejarah.

Jakarta yang usianya sudah terbilang tua ini memiliki kisah sejarah yang cukup panjang.

Ada banyak tempat-tempat penting yang sebelumnya menjadi saksi bisu sampai Jakarta ini berdiri dijadikan ibu kota seperti sekarang.

Tempat Wisata saat HUT Jakarta

Rekomendasi tempat wisata yang sarat nilai sejarah saat HUT DKI Jakarta ke-495. (CNN Indonesia/Mesha Mediani)
Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat momen ulang tahun Jakarta.

1. Pelabuhan Sunda Kelapa
 
d 
Sumber: Okezone 

Destinasi pertama ada pelabuhan Sunda Kelapa yang terletak di kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Pada masa kekuasaan Hindu Pajajaran, Sunda Kelapa adalah pusat perdagangan tersibuk sekaligus tempat singgah kapal-kapal besar dari berbagai negara untuk bertukar komoditas.

Saat ini pelabuhan Sunda Kelapa menjadi salah satu tempat berwisata yang sering dikunjungi wisatawan lokal sampai mancanegara.

Selain melihat-lihat jejak suasana zaman dahulu, Anda juga dapat menjelajah museum-museum di sekitarnya untuk bernostalgia sambil mempelajari sejarahnya.

Masuk ke pelabuhan Sunda Kelapa gratis. Terkecuali jika Anda masuk ke area museum akan dikenakan biaya tersendiri dan dengan tarif bervariasi.

2. Kota Tua
 
d 
Sumber: Kompas megapolitan 
 
Tempat wisata saat HUT Jakarta selanjutnya ada kawasan Kota Tua atau nama lainnya Old Batavia. Lokasinya melintasi wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Suasana di Kota Tua ini masih sangat kental akan budaya ala Eropa yang bisa Anda lihat sendiri dari bangunan-bangunan di sekitarnya.

Pada masa kekuasaan Belanda, Batavia memang dirancang memiliki tata kota seperti negara kincir angin yang memiliki bangunan blok dan dipisahkan dengan kanal.

Jika berkunjung ke Kota Tua Anda bisa mampir ke kafe Batavia yang fenomenal untuk mencicipi aneka hidangan khas nusantara.

Jangan lupa berkunjung ke berbagai museum di sekitar, ada museum Fatahillah, museum wayang, museum Bank Indonesia, dan banyak lagi, atau sebatas sewa sepeda ontel.

3. Monumen Nasional

Monumen Nasional atau Monas merupakan tugu bersejarah sebagai landmark ibu kota DKI Jakarta dan letaknya tepat berada di Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Masuk ke area Monas Anda akan disuguhkan dengan hamparan taman hijau yang luas dengan suasana tengah kota. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa masuk ke area dalam tugu Monas dan naik ke atas menaranya untuk melihat pemandangan Jakarta dari ketinggian 132 meter.

Di bagian dasar Monas ini terdapat museum sejarah nasional dengan 51 diorama yang menampilkan sejarah Indonesia dari zaman prasejarah sampai orde baru.


Tiket masuk ke Monas bervariasi, mulai dari Rp4 ribu sampai Rp15 ribu menyesuaikan kategori umur.

4. TMII

TMII atau Taman Mini Indonesia Indah berada di Jakarta Timur sebagai kawasan taman wisata budaya Indonesia.

Di dalamnya terdapat banyak anjungan rumah adat dari berbagai provinsi di Indonesia, kemudian ada berbagai wahana permainan atau taman rekreasi.

Seperti Istana anak, taman legenda keong emas, kereta gantung, theater Imax keong emas, snowbay waterpark, 3 tematik flora & fauna dan masih banyak lagi.

Tiket masuknya bisa dibeli langsung melalui loket yang tersedia atau booking online lewat situs www.tamanmini.com. Sementara untuk harganya mulai dari Rp25 ribu per orang dan belum termasuk tiket wahana lain yang dijual terpisah.

5. Taman Arkeologi Onrust

Taman Arkeologi Onrust merupakan salah satu kawasan cagar budaya yang banyak dirujuk wisatawan untuk berwisata bahari.

Destinasi taman arkeologi onrust terletak di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta dan lokasinya berdekatan dengan tiga pulau cantik lainnya yaitu Kelor, Cipir, dan Onrust.

Tempat wisata saat HUT Jakarta di Pulau Onrust ini cocok untuk Anda yang ingin merasakan suasana pantai sejuk di ibu kota dengan hamparan pasir putih, sekaligus belajar sejarah.

Aksesnya sendiri bisa berangkat dari kawasan Muara Kamal lalu sewa kapal nelayan ke Pulau Onrust. Jika ingin sekaligus menjelajah ketiga pulaunya bisa mengikuti paket trip yang banyak tersedia dengan harga terjangkau.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.