Indonesia International Marathon Kembali Digelar, Ada Hadiah Rp 1 Miliar

  • Sabtu, 25/06/2022 - 12:31 WIB
Hai, Sobat Souja! Indonesia International Marathon bakal kembali digelar. Kompetisi lari yang merupakan agenda Komite Olahraga Nasional Indoneia itu akan berlangsung di Bali pada 26 Juni 2022.

Sebelumnya, Indonesia International Marathon harus vakum selama dua tahun karena pandemi Covid-19. "Suatu saat Indonesia bisa untuk menjadi tempat pelaksanaan world major marathon," kata Sekretaris Jenderal KONI Ade Lukman dalam Meet & Greet di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Selasa (31/5).

Co-Chairman Indonesia International Marathon 2022 Hardjo supoyo berharap kompetisi ini bisa menjadi bukti Indonesia mampu menggelar marathon berstandar internasional. "Ini adalah karya anak bangsa, kita berharap memiliki kompetisi marathon yang mendunia, berkelas, dan internasional," ucapnya.

Ada empat nomor yang dipertandingkan, yakni Marathon 42 km, Half Marathon 21 km, 10K dan 5K. Di nomor Marathon ada satu tantangan untuk pelari lokal, yaitu memecahkan rekor nasional mendiang Eduardus Nabunome dengan waktu 2 jam 19 menit 18 detik yang diciptakan pada Pekan Olahraga Nasional XIII/1993 di Jakarta.

Pelari yang mampu memecahkan rekor tersebut akan mendapatkan hadiah Rp 1 miliar. "Harapan kami bahwa ada pelari Indonesia yang bisa memecahkan rekor dari rekor yang sudah ada. Kemarin, saat SEA Games 2021, ada yang sudah memecahkan rekor dunia, artinya apa? Bahwa kami bisa," tutur Ade Lukman.

"Indonesia bisa, kami optimistis dengan kemampuan atlet-atlet ini bisa memecahkan rekor, ini sudah terbukti jelas, kami harap marathon juga bisa memecahkan rekor."

Race Director Indonesia International Marathon Riena Tambunan menyebut hadiah itu sebagai penghormatan untuk Eduardus Nabunome. Dia berharap hadiah tersebut dapat menghadirkan lagi gairah agar anak bangsa bisa memecahkan rekor tersebut.

"Ini tribute untuk Edu, ini adalah reward untuk anak bangsa atau pelari, kita semua memiliki semangat yang sama, dan nggak ada yang tahu rekor ini bisa tembus atau enggak," ucap Riena.

"Jadi ini akan diberikan kepada pemenang dan kami juga akan memberikan suatu atensi juga untuk keluarga Bang Edu." 

Sumber: liputan6.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.