5 Bahan Sehat Pengganti Nasi, Seperti pada Diet ala Cynthia Lamusu

  • Senin, 27/06/2022 - 17:01 WIB
Hai, Sobat Souja! Personil Be3 atau AB Three, Cynthia Lamusu, berhasil menurunkan berat badannya dalam jumlah yang besar. Salah satunya terbukti dari ukuran bajunya yang semakin mengecil.

Selain aktivitas fisik, istri aktor Surya Saputra ini juga mengatur menu makanannya. Salah satu yang penting dalam diet Cynthia Lamusu ini adalah konsumsi makanan utuh atau real food.

"Diet yang saya terapkan adalah DIET REAL FOOD [makan makanan alami]. Jadi disiplin dan konsisten yang dimakan hanya makanan REAL FOOD, yaitu yang utuh bentuknya, bukan makanan olahan. Contoh, ayam, ya, ayam, bukan ayam nugget. Daging, ya, daging, bukan bakso atau sosis," ujar Cynthia pada CNNIndonesia.com, Januari lalu.

Prinsip diet yang dijalaninya adalah defisit kalori. Diet ini dilakukan dengan memangkas semua makanan yang bukan masuk kategori real food, termasuk makanan jenis tepung-tepungan dan segala makanan-minuman manis.

Dalam Instagram-nya, Cynthia juga kerap berbagi menu-menu makannya. Semua menu yang dipamerkan disajikan tanpa menggunakan nasi putih. Diet Cynthia Lamusu mengganti asupan nasi putih dengan bahan lainnya.

Bahan Pengganti Nasi Putih yang Sehat

Bukan rahasia lagi, nasi putih mengandung karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat dalam nasi putih juga banyak terdiri dari gula dan pati, ketimbang serat.

Dalam menjalani program diet, banyak orang mengganti asupan nasi putihnya. Berikut beberapa bahan pengganti nasi putih yang lebih sehat, mengutip berbagai sumber.

1. Quinoa

Pengganti nasi yang populer ini bebas dari gluten dan memiliki kandungan protein yang tinggi. Sekitar 92 gram quinoa matang mengandung 4 gram protein.

Mengutip Healthline, quinoa juga merupakan sumber mineral yang penting seperti magnesium dan tembaga. Keduanya berperan penting dalam memetabolisme energi dan kesehatan tulang.

2. Kembang kol

Kembang kol yang dihancurkan menjadi alternatif karbohidrat lainnya. Kembang kol juga rendah kalori dan baik untuk mereka yang menjalani diet.

Dalam 57 gram kembang kol hanya memiliki 13 kalori. Angka ini jelas jauh dari nasi putih dengan porsi sama yang mengandung 100 kalori.

3. Nasi shirataki

Nasi shirataki terbuat dari akar konjak, tanaman asli Asia. Alternatif pengganti nasi ini juga kaya akan serat unik bernama glukomanan.

Nasi shirataki juga tidak mengandung kalori. Aman untuk Anda yang sedang menjalani program diet sehat.

4. Kentang

Kentang merupakan salah satu asupan karbohidrat yang cukup sehat. Anda bisa merebus atau menumbuknya.

Mengutip Medical News Today, kentang juga mengandung kalori yang lebih rendah dibandingkan nasi. Yakni, sekitar 74 kalori pada 100 gram kentang mentah.

Tak cuma itu, kentang juga punya banyak khasiat untuk kesehatan. Kentang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, antikanker, dan dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah.

5. Ubi

Ubi juga merupakan bahan pengganti nasi yang nikmat untuk disantap. Ubi mengandung karbohidrat, serat, dan protein yang tinggi.

Sebanyak 100 gram ubi jalar mentah mengandung sekitar 86 kalori. Masih jauh jika dibandingkan kalori pada nasi.

Selain itu, asupan ubi juga dapat membantu tubuh melawan penyakit kardiovaskular adn kanker berkat sifat antioksidannya.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.