Hati-hati! Ternyata 5 Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dipanggang

  • Senin, 27/06/2022 - 17:01 WIB
Hai, Sobat Souja! Proses memanggang atau grill merupakan salah satu proses memasak makanan dengan api atau suhu tinggi. Proses memasak ini biasanya menggunakan api secara langsung dari bawah bahan makanan. Tapi ternyata tidak semua bahan makanan bisa dipanggang, lho!

Mengutip Huffpost, memanggang atau bagi sebagian orang menyebutnya sebagai barbekyu tentunya menjadi cara masak yang menyenangkan. Berbagai makanan seperti burger, hot dog, sayuran, daging, dan sebagainya memang nikmat untuk dipanggang. Tapi, menurut ahli, ternyata ada beberapa jenis makanan yang tidak seharusnya dipanggang.

Apa saja, ya bahan makanan tersebut? Maka itu, berikut ini ada 5 bahan makanan yang tidak seharusnya dipanggang, yuk perhatikan tipsnya lebih lanjut.

1. Ikan bersisik
 
dd 
Sumber: DetikFood 

Seorang koki bernama Joonas Jokiniemi mengatakan dalam suatu acara, bahwa ikan bersisik tidak baik dipanggang. Hal tersebut karena ikan bersisik memiliki tekstur yang lembut. Apabila dipanggang, kulit ikan akan lengket dan menempel di panggangan. Selain itu, akan membuat daging ikan menjadi keras. Adapun trik untuk memasaknya, dengan menggunakan ikan fillet atau letakkan ikan dalam panggangan dan jangan membaliknya.

2. Udang kupas

Udang menjadi makanan yang enak untuk dipanggang. Kunci dari kelezatan udang panggang terdapat pada kulitnya. Sementara itu, udang yang telah dikupas tidak memiliki rasa seenak udang kupas. Mareya Ibrahim, seorang koki dan penulis buku masak yang berbasis di Los Angeles menjelaskan hal tersebut karena udang kupas terlalu mudah kering saat dipanggang.

3. Tahu

Tidak semua protein dapat dipanggang, semisal tahu. Bahan masakan ini tidak dapat dipanggang. Hal tersebut karena jika dipanggang, maka tahu akan hancur dan hasilnya juga tidak enak. Kamu bisa menggunakan cara lain dalam mengolah tahu, seperti digoreng atau direbus.

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau juga tidak dapat dipanggang. Brian Jupiter selaku chef eksekutif mengatakan bahwa diperlukan suhu yang tinggi untuk memanggang sayuran hijau. Jika tidak, maka sayuran akan layu dan jatuh ke sela-sela pemanggang. Cara paling aman, adalah dengan menggunakan teflon di atas pemanggang untuk mencegah sayur berceceran.

5. Keju mozzarella

Keju mozzarella memang nikmat saat disajikan hangat. Tetapi bukan berarti keju ini dapat dipanggang. Jika kamu memanggang keju ini, maka lelehannya akan langsung mengenai jeruji panggangan kamu. 

Alih-alih memanggangnya, kamu bisa menyajikan keju ini di atas daging yang baru selesai dipanggang. Hal tersebut supaya kamu mendapat tekstur dari keju ini melalui panas dari daging.

Itulah beberapa makanan yang tidak baik jika dipanggang. Hindarilah memasak berbagai jenis makanan di atas supaya kamu bisa merasakan kenikmatan dari masakan kamu.

Sumber: Kumparan.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.