Otak-otak Khas Palembang, Makin Nikmat Dicocol Saus Cuko

  • Selasa, 28/06/2022 - 11:03 WIB
Hai, Sobat Souja! Palembang memiliki beragam kuliner khas yang enak untuk disantap. Salah satunya adalah otak-otak, kuliner ini biasanya disajikan dengan cuko pempek khas Palembang. 

Otak-otak khas Palembang biasa dibuat dengan daging ikan tenggiri atau ikan sungai sesuai selera. Otak-otak Palembang biasanya dibungkus dengan daun pisang, dipanggang.

Nah, berikut ini Urban Id rangkum resep atau cara membuat otak-otak khas Palembang, yang umumnya dilakukan. 

Siapkan bahan
Ikan tenggiri atau ikan lain yang dicincang atau digiling sebanyak 500 gram. 
Tepung sagu sebanyak 150 gram, satu butir putih telur, air dingin sebanyak 100 mili liter.
Siapkan juga secukupnya daun bawang, bawang putih, santan, ketumbar, lada putih, garam, gula, daun pisang, tusuk gigi.

Cara membuat

Pertama-tama campurkan ikan giling, santan, air dingin, gula garam lada putih, ketumbar, bawang putih yang dihaluskan, daun bawang dan putih telur. Aduk hingga merata sampai adonan benar-benar menyatu.

Setelah diaduk rata, campurkan tepung sagu hingga legit. Setelah itu ambil beberapa sendok untuk dibungkus dengan daun pisang lalu dijepit dengan tusuk gigi.

Setelah semua adonan dibungkus, maka siap dipanggang di atas bara api atau dengan peralatan lainnya. Angkat otak-otak jika dirasa sudah matang.

Cara menyajikan

Sebaiknya otak-otak disajikan selagi masih hangat. Buka bungkus otak-otak dan masukan ke dalam piring. Siapkan cuko pempek yang sudah diberi potong kecil timun. Otak-otak khas Palembang juga bisa disajikan dengan saus cabai sesuai selera.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.