Semakin Menjamur, Apa Sebenarnya Restoran Berkonsep Izakaya?

  • Kamis, 30/06/2022 - 11:03 WIB
Hai, Sobat Souja! Izakaya adalah salah satu konsep restoran atau tempat makan khas Jepang. Restoran ini merupakan yang paling umum di Negara Sakura. Menjadi tempat makan favorit para pekerja kantoran usai pulang bekerja untuk sekadar makan atau minum bersama.

Restoran seperti ini bisa kamu temukan dengan mudah di negara asalnya. Mengutip Japan Guide, izakaya mudah ditemukan di sekitar stasiun kereta api dan distrik hiburan, serta menjamur mulai dari berbentuk kedai kecil hingga satu gerai atau restoran bertingkat.

Tempat makan ini tak hanya menyajikan makanan melainkan juga terkenal sebagai tempat minum-minum. Di izakaya kamu akan merasakan suasana yang lebih kasual, santai, berisik, dan bebas. Lantaran, umumnya restoran di Jepang memiliki peraturan makan dan minum yang cukup ketat, sementara di izakaya kamu bisa lebih leluasa.

Seperti halnya menurut chef Tetsuya Wakuda mengatakan kepada kumparanFOOD saat ditemui di Singapura (7/6), "Izakaya berarti sangat santai dalam (budaya) santapan Jepang. Izakaya sangat santai, keras, dan berisik. Ini sangat kasual. Santai saja dan bisa apa saja. Selama itu baik dan memastikan itu membawa kebaikan bagi perusahaan. Sederhana."

Master of Japan Cuisine ini juga barus saja membuka restoran barunya di area lobi Marina Bay Sands (MBS) Hotel, dan tempat makan ini mengusung konsep izakaya. Di mana sangat terasa kesan kasual dan santai. Bahkan menurutnya, kamu bisa hanya sekadar minum-minum santai tanpa perlu memesan makanan.

"Di Wakuda orang bisa lebih santai. Sekalipun mereka belum memesan meja, bisa tetap berjalan memasuki restoran. Mereka hanya menikmati dessert pun tak apa, mereka tidak perlu makan," ujarnya.

"Jadi, sangat fleksibel. Akan tetapi, saya ingatkan, kemanapun kamu pergi ke sebuah restoran, tidak masalah seberapa enak masakannya, akan tetapi yang terpenting adalah dengan siapa kamu datang."

Lantas, bagaimana dengan sajian makanan dan minuman di restoran izakaya?
 
d 
Sumber: Tokyo Night Owl 

Seperti yang sudah disebutkan bahwa izakaya mengusung konsep tempat makan dan minum. Untuk makanan kamu dapat menyantap aneka kudapan hingga sajian berat. Layaknya sushi, sashimi, yakitori, salad, tempura, udon, hot pot, dan masih banyak lagi.

Nah, yang cukup menjadi ciri khas dari tempat ini, adalah tersedianya aneka minuman alkohol. Sebut saja bir, cocktail, hingga sake. Kamu pun juga bisa menemukan shochu, minuman alkohol hasil fermentasi beras, gandum, ubi jalar, atau soba.

Lantaran menyediakan alkohol, biasanya restoran izakaya dilengkapi bar dengan kursi-kursi tinggi. Kamu pun dapat menyaksikan para bartender atau mixologist menyiapkan minuman pesananmu.

Bisa dikatakan restoran berkonsep ini memang menjadi hiburan sederhana bagi masyarakat Jepang dari penat dan sibuknya aktivitas sehari-hari. Terlebih, masyarakat Jepang terkenal dengan produktivitas yang tinggi.

Santai sejenak dengan mengunjungi restoran izakaya bisa menjadi pelepas penat agar mereka tetap "waras". Enggak perlu berdandan atau menggunakan pakaian bagus apalagi bermerek kamu bisa tetap mengunjungi tempat makan ini.

Sumber: Kumparan.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.