Apakah iya micin yang digunakan untuk melezatkan masakan seberbahaya itu? Benarkah micin bikin bodoh? " />

Micin Berbahaya bagi Kesehatan dan Bikin Bodoh, Mitos atau Fakta?

  • Senin, 11/07/2022 - 11:41 WIB
Hai, Sobat Souja! Pernah dengar anggapan micin memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh? Bahkan, ada juga yang menyebut penggunaan zat yang mengandung monosodium glutamat (MSG) ini juga mampu menurunkan kinerja otak. 

Lalu, apakah iya micin yang digunakan untuk melezatkan masakan seberbahaya itu? Benarkah micin bikin bodoh? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penjelasan ilmiahnya.

Micin atau MSG Bukan Zat Berbahaya

Rupanya micin atau monosodium glutamat (MSG) ternyata tidak tergolong sebagai zat berbahaya. Nyatanya, WHO maupun Kemenkes RI hingga saat ini tidak melarang penggunaan micin terhadap masakan yang akan kita santap sehari-hari.

MSG memiliki fungsi sebagai penyedap rasa yang mampu melezatkan berbagai masakan. Makanan yang disantap pun akan menjadi lezat dan gurih di lidah. Dan, tentunya itu tidak membahayakan kesehatan. Namun, penggunaan micin haruslah tidak berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan pastilah tidak baik. 

Bahaya Konsumsi Micin Secara Berlebihan

Meski micin bukan zat berbahaya, seseorang bisa mengalami dampak buruk jika mengkonsumsi makanan mengandung micin atau MSG secara berlebihan. Dalam sebuah laporan menyebut, manusia yang mengkonsumsi makanan micin dengan takaran 0,5 sampai 1,7 gram per hari tidak menimbulkan efek buruk apapun pada kesehatan. 

Akan tetapi, jika melebihi takaran tersebut, apalagi lebih dari 3 gram setiap hari, maka itu akan berdampak buruk bagi kesehatan. Hal inilah yang bakal menyebabkan beragam penyakit, mulai dari kerusakan sel saraf, asma, sakit kepala, gangguan ginjal, hingga obesitas.

Benarkah Micin Membuat Orang Bodoh?

Micin atau MSG ternyata bermanfaat bagi metabolisme di usus. Micin tersebut membantu metabolisme di tubuh menjadi lebih mudah. Kendati demikian, kamu harus menghindari mengkonsumsi makanan mengandung micin secara berlebihan atau tidak lebih dari 1,7 gram setiap hari.

Jika dikonsumsi secara berlebihan, micin bisa merusak saraf reseptor di otak. Itu dapat merangsang bagian otak hipotalamus sebagai reseptor dan membuat otak bekerja semakin aktif.

Kondisi ini bisa menyebabkan kematian neuron yang bekerja sebagai fungsi kognitif otak. Akibatnya, seseorang akan merasakan sakit kepala atau pusing jika sering mengkonsumsi makanan mengandung monosodium glutamat secara berlebihan.

Itulah sederet fakta mengenai micin, manfaat, dan dampaknya bagi kesehatan. Intinya, jangan kebanyakan konsumsi micin, biar dapat manfaatnya sekaligus aman bagi kesehatan. 

Sumber: Kumparan.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.