Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Rambut Berketombe

  • Minggu, 26/06/2022 - 12:17 WIB
Hai, Sobat Souja! Ketombe tidak bisa dianggap sebagai masalah yang sepele. Namun, ketombe dapat mengganggu siapa saja yang mengalaminya dan merusak kepercayaan diri. Sebab, penampilan rambut, baik bagi wanita maupun pria, adalah salah satu faktor yang penting untuk meningkatkan penampilan.

Ketombe adalah kondisi kulit kepala yang kronis, umumnya ditandai dengan pengelupasan kulit pada kulit kepala.

Penyebab Ketombe

Ketombe menjadi permasalahan rambut yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Gejala ketombe yang mudah dikenali adalah adanya serpihan kulit mati berminyak dan berwarna putih yang gatal. Kemudian  bertebaran di rambut hingga sampai berjatuhan ke bahu.

Untuk beberapa orang, ketombe menjadi masalah yang sulit untuk diatasi. Namun bukan berarti masalah itu tidak dapat diatasi. Ketombe bisa saja muncul akibat beberapa penyebab berikut ini.

Kulit Iritasi dan Berminyak 

Kondisi dermatitis seboroik merupakan salah satu penyebab ketombe yang paling sering terjadi. Hal ini ditandai dengan kulit merah dan berminyak ditutupi oleh sisik putih atau kuning.

Tidak rajin keramas

Jika Anda tidak rutin membersihkan rambut Anda, minyak dan sel-sel kulit pada kulit kepala Anda akan terangkat, lalu menyebabkan ketombe.

Ragi Seperti Jamur 

Malassezia tinggal pada kulit kepala kebanyakan orang dewasa. Namun, beberapa menyebabkan kulit kepala iritasi dan menimbulkan banyak sel-sel kulit yang tumbuh. Kelebihan sel yang tersisa akan mati dan menjadi ketombe.

Kulit Kepala Kering

Serpihan kulit kering umumnya lebih kecil dan kurang berminyak dibandingkan dengan penyebab ketombe lainnya.

Sensitif Terhadap Produk Tertentu

Terkadang, sensitivitas terhadap bahan tertentu dalam produk perawatan rambut atau pewarna rambut dapat menyebabkan kulit kepala merah, gatal, dan bersisik.

Cara Mengatasi ketombe

Ada beberapa cara untuk mengatasi persoalan ketombe. Anda bisa memilih sesuai preferensi. 

1. Menggunakan shampoo Anti Ketombe

Membersihkan rambut dengan shampoo yang lembut untuk mengurangi minyak dan penumpukan sel kulit kering dapat mengurangi masalah ketombe ringan.

Namun, ketika shampoo biasa gagal mengatasinya, mungkin Anda akan butuh shampoo khusus anti ketombe.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua shampoo ketombe itu sama. Sehingga Anda harus benar-benar mengetahui mana yang paling cocok untuk Anda. Berikut klasifikasi shampoo khusus ketombe menurut kandungannya,

Pyrithione Zinc (mengandung senyawa antibakteri dan antijamur), berbasis tar, mengandung asam salisilat, terdapat selenium sulfida, dan ketoconazole. Kemudian, shampoo anti ketombe dengan kandungan menthol dan lemon juga bisa menjadi pilihan. Sebab, kandungan menthol bermanfaat menyegarkan kulit kepala serta mengurangi rasa gatal akibat ketombe kering maupun ketombe basah. Formula lemon juga dapat membantu membersihkan sisa ketombe agar rambut terasa lebih ringan, bersih, dan harum.

Cobalah menggunakan shampoo ini setiap hari hingga ketombe Anda hilang. Lalu, kurangi waktu pemakaian menjadi 2-3 kali seminggu, atau sesuai kebutuhan.

Sumber: Fimela.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.