Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

  • Rabu, 29/06/2022 - 13:28 WIB
Hai Sobat Souja!

Kita tahu, ada berbagai jenis minuman yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi asupan cairan harian kita. Namun, air putih adalah salah satu yang direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin, karena air putih tidak mengandung kalori dan gula sehingga lebih menyehatkan bagi tubuh.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi air putih adalah sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan sendi dan otot
Konsumsi air putih secara rutin dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan sendi dan otot tubuh. Dengan demikian, otot tidak kaku dan tubuh pun tidak cepat lelah saat bergerak atau beraktivitas.

2. Menurunkan berat badan
Mengonsumsi air putih diketahui dapat meningkatkan metabolisme, sehingga memudahkan tubuh dalam membakar lemak serta membuang kotoran melalui keringat, urine, dan tinja. Hal ini tentunya berdampak pada menurunnya berat badan.
Selain itu, minum air putih sebelum makan diketahui dapat memberikan efek kenyang, sehingga porsi makanan yang dikonsumsi pun menjadi lebih sedikit. Dengan demikian, asupan kalori ke dalam tubuh tetap terjaga dan berat badan tetap terkontrol.

3. Memelihara kesehatan kulit
Kurangnya cairan tubuh bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih agar kulit dan bibir tetap terhidrasi. Selain itu, minum cukup air putih juga dapat menjaga dan mengembalikan kelembapan bibir serta kulit.

4. Menjaga fungsi ginjal
Air diperlukan agar ginjal bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Kondisi tubuh yang kekurangan cairan dapat menyebabkan urin yang keluar menjadi berbau dan memiliki warna tidak jernih. Kekurangan air putih juga bisa meningkatkan risiko batu ginjal.

5. Meningkatkan stamina
Tubuh membutuhkan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Sumber energi tidak hanya diperoleh dari makanan. Konsumsi air putih yang cukup juga dapat membuat tubuh tidak mudah lemas selama bergerak dan beraktivitas.


Demikian beberapa manfaat air putih yang perlu Sobat Souja ketahui. Kita disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter setiap harinya. Sementara itu, wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter per hari dan wanita menyusui 3 liter per hari. Jadi jangan lupa untuk minum air putih secara rutin ya!

Sumber: alodokter.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.