How To: Jangan Langsung Disemprot Ke Wajah, Ini Cara Menggunakan Suncreen Spray yang Tepat

  • Minggu, 17/07/2022 - 11:28 WIB
Hai, Sobat Souja! Sunsscreen menjadi produk perawatan kulit yang penting gunakan sehari-hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, baik UVA maupun UVB.  Mengutip dari American Academy of Dermatology Assosiation menyebutkan bahwa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sunscreen secara rutin dengan cara yang tepat dapat menurunkan potensi kanker kulit.

Di pasaran saat ini ada banyak pilihan sunscreen. Salah satu tipe sunscreen yang populer adalah sunscreen spray. Sunscreen ini menjadi banyak pilihan karena masyarakat cenderung menyukai produk sunsscreen ini yang cepat dan mudah di aplikasikan yang tersedia melalui sunscreen spray.

“Tekstur sunscreen spray terasa lebih ringan sehingga tidak terasa membebani kulit,” jelas Mona Gohara, profesor dermatologi klinis di Yale School of Medicine. Namun, cacatan penting dari ahli dermatologi untuk penggunaan sunscreen spray sehingga pengaplikasian lebih aman dan efektif penggunaannya.

Apakah Sunscreen Spray Bekerja Sebaik Suncreen Lotion?

Ada banyak produk perawatan kulit dengan berbagai SPF di luar sana. Namun,  kemudahan penggunaan suncreen spray tidak dapat di sangkal. Ada banyak pertanyaan pula yang muncul apakah sunscreen spray mampu melindungi kulit dengan merata dan sebaik tipe lotion.

Mengutip dari purewow.com, ahli dermatologi California, Gloria J. Stevens menjawab pertanyaan tersebut. Untuk pengaplikasian sunscreen spray ke wajah tentu saja secara teknis baik dilakukan karena pada dasarkan sunscreen mengandung SPF yang melindungi kulit, namun menyemprot secara langsung ke wajah tidak direkomendasikan dilakukan. Alasannya karena cairan suncreen yang di semprot tidak mudah di kendalikan, terutama mengenai mata.

Apabila sunscreen spray mengenai mata, dr. Steven mengatakan untuk tidak panik, kemudian apabila menggunakan lens kontak segera lepaskan. Cuci mata dengan air mengalir jika cairan sunscreen masuk ke mata. Selanjutnya gunakan obat tetes mata yang bebas pengawet untuk meredakan rasa tidak nyaman. Terakhir, kompres dingin di daerah mata juga bisa jadi alternatif apabila tidak ada obat tetes mata.

Cara Pengaplikasian Sunscreen Spray Dari Ahli Dermatologi

Sunscreen terbaik pun tidak akan dapat melindungi kulit apabila tidak diaplikasikan dengan semestinya, begitu pula sunscreen spray. Untuk penggunaan sunscreen spray yang aman dengan perlindungan maksimal, berikut tips dari ahli dermatologi:

1. Pengggunaan secara langsung di wajah tidak rekomendasikan, sehingga trik lainnya adalah menyemprotkan sunscreen ke tangan kemudian aplikasikan ke wajah. Cukup triky untuk menentukan berapa semprotan yang baik, namun tips paling mudah adalah menyemprotkan sampai kulit terlihat berkilau.
 
2. Gosok secara menyeluruh baik di wajah ataupun bagian tubuh lain yang diinginkan. Pastikan sunscreen diaplikasikan merata sehingga melindungi dengan maksimal dan menghindari efek kulit belang.

3. Jauhkan semprotan sunscreen dari wajah. Menghirup sunscreen belum teruji aman untuk tubuh. Hindari juga penggunaan sunscreen ini ketika cuaca berangin. Kondisi ini akan menyulitkan untuk mengaplikasikan sunscreen spray dan kemungkinan untuk terhirup partikel semprotan lebih besar.

4. Jangan pernah menyemprotkan sunscreen di dekat panas atau api terbuka, bahkan didekat rokok menyala dan pastikan sunscreen benar-benar telah menyerap sempurna ke kulit sebelum mendekati api terbuka.

Karena tidak ada tabir surya yang menghalangi 100 persen sinar ultraviolet matahari yang berbahaya, penting juga untuk mencari naungan dan mengenakan pakaian pelindung bila memungkinkan, termasuk kemeja lengan panjang, celana, topi bertepi lebar, dan kacamata hitam dengan perlindungan UV. Apa pun jenis tabir surya yang digunakan, pastikan mengoleskannya kembali setiap dua jam saat berada di luar ruangan atau segera setelah berenang atau berkeringat.

Sumber: Fimela.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.