Kunci Bikin Makanan Plant Based Jadi Enak: Perkuat Rasa

  • Senin, 05/09/2022 - 09:48 WIB
Hai, Sobat Souja! Makanan plant-based kini tengah digandrungi masyarakat urban. Tak cuma sayur-sayuran utuh, beberapa menu seperti rendang pun kini bisa dibuat dengan bahan dasar nabati.

Meski begitu, tak bisa dipungkiri, pengolahan makanan berbasis nabati terbilang sulit. Selain itu, sering kali rasanya juga dianggap kurang enak.

Jadi apa sebenarnya kunci agar makanan plant based bisa lebih enak dan nikmat?

Chef Ikhsan Farizki selaku Culinary Innovation Chef mengatakan, satu-satunya kunci agar makanan plant based bisa diterima dengan mudah di lidah adalah fokus pada rasa. Mulai dari tingkat kemiripan, hingga konsistensi tetap harus terjaga.

"Rendang meskipun berbahan jamur, ya, rasanya harus rendang. Burger ya rasanya harus burger. Konsistensi rasa dan kekuatan rasa. Itu kunci plant based yang enak," kata Ikhsan saat menggelar Cooking Demo Plant Based bersama KERRY beberapa waktu lalu.

Misalnya, jika ingin membuat masakan Indonesia seperti rendang atau opor tanpa menggunakan daging dan ayam, haram hukumnya mengubah rasa masakan tersebut. Rasa dari rempah yang kuat jangan dihilangkan meskipun tanpa daging atau ayam sama sekali.

"Jadi takaran bumbunya sama, cara masak rendangnya sama. Yang membedakan cuma ini enggak pakai daging saja. Gitu kan," kata Ikhsan.

Dia juga menyarankan penggunaan bumbu rempah yang lebih banyak saat mengolah sajian plant based. Hal ini berguna untuk memperkuat aroma masakan agar lebih menggugah selera.

"Terutama masakan Indonesia. Kan, memang kuat di bumbu, kuat di rempah. Nah, untuk plant based-nya juga sama. Bisa ditambah juga lebih banyak, sesuaikan saja," kata dia.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.