7 Makanan Khas Bali yang Enak dan Paling Populer

  • Kamis, 28/07/2022 - 10:15 WIB
Hai, Sobat Souja! Wisata ke Pulau Bali belum lengkap tanpa menikmati makanan khas Bali. Berbagai kuliner ini sebenarnya tak cuma bisa dinikmati di Bali, namun juga dinikmati di Jakarta.

Makanan khas Bali bukan cuma disukai oleh wisatawan lokal tapi juga wisatawan mancanegara atau bule.

Yang perlu diingat, kuliner Bali bukan cuma nasi campur tapi juga ada berbagai makanan lain yang juga tak kalah populer.

Berikut beberapa makanan khas Bali yang disukai banyak orang dan jadi populer.

1. Ayam dan bebek betutu
 
d 
 
Sumber: DetikFood 

Tak hanya terkenal di Bali, menu ini pun sudah melanglang buana ke berbagai daerah di Indonesia. Ayam betutu pun jadi menu wajib wisatawan saat berkunjung ke Bali.

Kata 'betutu' berasal dari kata 'tunu' yang berarti bakar dan kata 'be' yang berarti daging. Secara harfiah, betutu artinya daging yang dibakar. Ayam atau bebek utuh dilumuri dengan bumbu khas Bali yang disebut dengan base genep.

Bumbu umumnya terdiri dari, bawang merah, terasi, cabai rawit, daun limau, daun salam, minyak kelapa, kunyit, lengkuas, jahe, serai, gula merah, kencur, kemiri, dan bawang putih. Selain itu juga terdapat bumbu wewangenan seperti, merica hitam, cengkih, merica putih, tabia bun, ketumbar, kemiri, pala, kemenyan, jangu, bangle, dan kulit jeruk purut. Bumbu pun dimasukkan ke dalam rongga abdomen ayam atau bebek. Setelah dilumuri, daging pun siap dibakar atau direbus hingga wangi.

2. Sate lilit
 
s 
Sumber: Kompas.com 
 
Sate lilit merupakan hidangan khas Bali yang juga terkenal. Sate ini berbeda dengan sate pada umumnya dengan menggunakan tusuk sate bambu.

Sate lilit ini dibuat dari daging ikan yang dihaluskan. Daging ikan ini kemudian dicampur dengan aneka bumbu dan dibentuk bulat dengan ditempelkan pada batang sereh besar. Sate lilit ini kemudian dibakar.

3. Lawar
 
d 
Sumber: Tribun Wiki 

Lawar Bali juga termasuk dalam sayuran iris yang mirip dengan karedok atau urap. Lawar merupakan campuran sayur-sayuran dengan kelapa parut, terasi, dan daging cincang.

Lawar biasanya disantap dengan nasi campur ataupun sate lilit.

4. Laklak
 
d 
Sumber: Suara.com 
 
Laklak adalah camilan khas Bali yang dibuat dari campuran tepung beras dan garam di dalamnya. Laklak disantap dengan tambahan siraman gula merah cair. Laklak sendiri di Pulau Jawa dikenal dengan nama serabi.

5. Komoh

Komoh adalah makanan khas Bali yang dibuat dari daging, kulit, hati, dan bumbu. Makanan ini berbentuk seperti sup.

6. Nasi campur

Nasi campur adalah salah satu makanan khas Bali yang paling terkenal. Nasi campur ini merupakan campuran nasi dan lauk pauknya seperti halnya nasi rames.

Nasi campur biasanya merupakan makanan khas Bali yang non halal. Makanan ini biasanya terdiri dari daging babi, kulit babi, lawar, sambal matah, dan sate lilit.

7. Serombotan

Terbuat dari aneka sayuran yang direbus lalu diberi bumbu kalas. Sayurannya antara lain kangkung, kacang panjang, tauge, pare, atau buah botor muda.

Sementara bumbu kalas terdiri dari santan yang diberi sedikit tumbukan kunyit, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan sedikit kencur. Serombotan disajikan bersama kacang goreng dan nasi dengan campuran ubi jalar

Itulah beberapa makanan khas Bali yang populer dan disukai banyak orang.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.