Lagi Susah Tidur? Alih-alih Begadang, Coba Konsumsi 5 Makanan Ini Saja

  • Jumat, 22/07/2022 - 16:47 WIB
Hai, Sobat Souja! Apa yang biasa kamu lakukan saat lapar di tengah malam, terutama saat tidak bisa tidur? Pasti mencari makanan untuk menghilangkan rasa lapar. Sayangnya tidak semua restoran beroperasi 24 jam. Namun, kamu bisa menangani hal tersebut dengan mengonsumsi beberapa makanan yang aman dikonsumsi tengah malam.

Mengutip Huffpost, ahli diet Marissa Meshulam dan Amanda Frankeny menyarankan untuk mengonsumsi beberapa camilan ini guna mengatasi rasa lapar di tengah malam. Tidak hanya mengenyangkan, makanan ini juga aman dikonsumsi saat malam hari.
Berikut ini beberapa makanan yang bisa menemani kamu di kala lapar dan tidak bisa tidur. Yuk, simak di bawah ini!

1. Sereal dan susu
 
d 
Sumber: DetikFood 

Bukan hanya menjadi menu yang baik buat sarapan, sereal dan susu bisa menjadi kudapan di tengah malam. Amanda Frankeny, ahli diet terdaftar dan direktur program Food Dignity Movement menyarankan untuk memadukan susu dengan sereal gandum utuh dan rendah gula, guna membantu kamu menyeimbangkan gula darah di malam hari.

2. Pisang dan selai kacang
 
d 
Sumber: Beauty Journal Sociolla 
 
Pisang dan selai kacang menjadi menu yang seimbang untuk gula darah. Menurut Amanda, menu ini bagus untuk meningkatkan kualitas tidur. Pisang mengandung potasium untuk membantu mengendurkan otot dan karbohidrat kompleks yang mengatur gula darah. Kombinasikan dengan selai kacang, menjadi sumber lemak dan triptofan yang sehat dan mengenyangkan.

3. Protein atau snack bar
 
d 
Sumber: Food Navigator 

Protein bar menjadi solusi makanan ringan yang dapat dikonsumsi di tempat tidur. Rasanya yang manis, asin, dan renyah membuat camilan ini nikmat dikonsumsi saat tengah malam. Kenari, almond, pistachio memiliki protein, melatonin, dan magnesium yang membuat kamu merasa kenyang. Sehingga memudahkan kamu untuk tertidur. Tapi ingat, jauhi cokelat karena akan membuat kamu terjaga.

4. Keju dan crackers 

Memilih camilan yang mengandung protein bagus untuk membuat kamu tetap kenyang di tengah malam. Keju mengandung triptofan yang dapat diubah menjadi melatonin yang membantu kamu merasa ngantuk. Sementara, crackers memiliki serat yang sedikit untuk menjaga gula darah tetap stabil.

5. Sayuran

Memakan sayuran di tengah malam juga bisa menjadi solusi saat lapar menyerang. Amanda merekomendasikan, jika kamu lupa makan sayur saat siang hari, maka bisa tetap mengoptimalkan di malam hari. Menu ini menjadi makanan ideal, cepat, dan pastinya sehat. Kamu bisa mengonsumsi tomat ceri, baby wortel, mentimun, dan sebagainya.

Supaya kamu bisa tertidur nyenyak, pastikan agar mengonsumsi makanan yang cukup dan mengenyangkan. Hal tersebut untuk menghindari kamu sulit tidur. Pastinya dengan kualitas tidur yang baik, kamu akan lebih produktif saat esok hari.

Sumber: Kumparan.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.