Resep Waffle Ice Cream Vanilla Chocolate Chip dari Hong Kong

  • Minggu, 31/07/2022 - 12:08 WIB
Hai, Sobat Souja! Begitu banyak resep waffle dan pancake bertebaran di dunia nyata ataupun media sosial. Selalu menggiurkan, dari yang klasik hingga kekinian dan ada saja alasan untuk menikmatinya dari waktu ke waktu. Buat kamu yang hobi ngikutin apa saja dessert yang terkini di luar sana, maka yang satu ini nggak boleh sampai ketinggalan untuk dicoba!

Pancake vs Waffle: Mana yang Jadi Favoritmu?

Sebelum masuk ke resepnya, mungkin masih ada dari kamu yang penasaran dengan beda pancake dan waffle. Bagi para fans garis kerasnya, ini ibarat bubur ayam diaduk vs tidak diaduk. Ya, masing-masing punya preferensinya. Tapi berbeda dengan bubur ayam, perbedaannya pancake dan waffle lebih dari sekadar bentuknya, lho!

Keduanya berasal dari adonan yang terdiri dari bahan-bahan serupa seperti susu, telur, tepung terigu, mentega, gula, dan baking powder. Rasio pada adonannya-lah yang membedakan pancake dan waffle. Misalnya saja jumlah susu yang lebih banyak pada pancake. Begitupun waffle rupanya punya lebih banyak gula, mentega, dan telur daripada pancake sehingga menjadikannya lebih kaya rasa. Bicara teksturnya, waffle terasa lebih fluffy di bagian dalamnya. Sementara bagian luarnya lebih krispi karena gula terkaramelisasi saat dipanggang menggunakan cetakan. Tapi untuk penggemar tekstur yang lembut, maka pancake adalah juaranya!

Resep Waffle yang Satu Ini Beda, Lho!

Nah, kembali ke resep waffle yang akan dimasak kali ini, pernahkah kamu mendengar yang disebut Hong Kong Waffle atau Bubble Waffle? Berbekal cetakan khusus bubble waffle, kamu bisa membuat resep ini di rumah kapan saja! Mengapa disebut demikian? Berbeda dengan waffle tradisional yang berbentuk kotak-kotak, yang satu ini disebut demikian karena jenis cetakan “menyerupai” sarang lebah. Lebih jauhnya, resep waffle a la Hong Kong ini tampil lebih menggoda karena bisa dilipat dan dimasukkan ke dalam gelas. Karena dilipat maka ada celah di antaranya, maka ini bisa diisikan dengan aneka macam buah, marshmallow, krim, lelehan cokelat, ataupun es krim! Seru, bukan?

Nah, kali ini kamu akan mengisinya dengan potongan buah stroberi yang dipadukan dengan Wall’s Chocolate & Vanilla Chocolate Chip. Supaya nggak penasaran lagi, yuk, cek resepnya berikut ini! Kapan-kapan boleh juga coba resep croffle, lho! Terakhir, pastikan untuk mampir ke Instagram Masak Apa Hari Ini dan dapatkan inspirasi menarik lainnya seputar dunia memasak.

Bahan-bahan

Wall's Chocolate & Vanilla Chocolate Chip
120g tepung terigu protein sedang
120g gula pasir
2 butir telur
2 sdm mentega, lelehkan
150 ml susu cair
1 sdm custard powder
½ sdm tepung maizena
1 sdt baking powder
½ sdt ekstrak vanilla
6 scoop Wall's Chocolate & Vanilla Chocolate Chip
10 buah stroberi, potong 4 bagian

Cara membuat

1 Aduk rata tepung terigu, custard powder, tepung maizena, dan baking powder.

2 Masukkan gula, telur, mentega leleh, dan ekstrak vanilla, kocok rata menggunakan mixer atau whisk.

3 Tambahkan susu cair, kocok hingga rata. Diamkan selama 40-60 menit. Sisihkan.

4 Panaskan cetakan egg waffle di atas api sedang. Olesi cetakan dengan minyak. Kecilkan api.

5 Tuang sebagian adonan egg waffle ke dalam cetakan, goyangkan cetakan hingga setiap lubangnya hampir terisi penuh dengan adonan. hingga hampir memenuhi setiap lubang cetakan.

6 Balikkan cetakan agar adonan terisi di sisi lain cetakan. Masak selama beberapa menit atau hingga matang. Keluarkan.

7 Ulangi proses serupa pada sisa adonan.

8 Lipat egg waffle membentuk cone, masukkan ke dalam gelas saji. Isi dengan Wall’s Chocolate & Vanilla Chocolate Chip. Beri potongan stroberi ke atasnya. Sajikan.

Sumber: Masakapahariini

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.