Ini 5 Permainan yang Dapat Mengasah Otak

  • Jumat, 05/08/2022 - 10:34 WIB

Hai, Sobat Soulja! Ada beragam bentuk games atau permainan yang bisa Anda mainkan untuk membantu mengasah otak Anda. Games ini ada yang bisa Anda peroleh secara konvensional, seperti dengan kertas, atau dengan mengunduhnya di ponsel Anda. Berikut adalah berbagai games atau permainan asah otak yang dapat Anda coba:

1. Sudoku

Sudoku adalah permainan teka-teki berbasis logika yang mengandalkan memori jangka pendek. Permainan yang berasal dari Jepang ini menggunakan kotak 9×9 yang di dalamnya sudah terdapat beberapa angka petunjuk.

Anda diminta untuk melengkapi angka-angka tersebut dengan aturan tidak ada angka yang sama pada satu baris, satu kolom, atau satu kotak bagian 3×3 yang ditandai garis tebal. Begitupun seterusnya hingga seluruh kotak terisi.

Game sudoku disebut dapat membantu mengasah otak Anda menjadi lebih tajam. Bahkan, dalam sebuah penelitian disebutkan, orang dewasa di atas 50 tahun yang bermain sudoku dan teka-teki silang, memiliki fungsi otak yang lebih baik. Anda dapat memainkan sudoku dengan menggunakan kertas atau bisa diperoleh dengan mengunduh aplikasinya di ponsel Anda.

2. Teka-teki silang

Anda tentu sudah tak asing dengan permainan yang satu ini. Permainan teka-teki silang (TTS) sudah sangat sering ditemukan di berbagai koran, majalah, buku khusus TTS, atau bahkan saat ini, bisa Anda unduh secara gratis melalui ponsel Anda.

Game klasik ini disebut bisa mengasah otak secara verbal serta meningkatkan daya ingat atau memori dan pengetahuan Anda. Bahkan, penelitian yang sama dengan sudoku menyebutkan, orang yang mengerjakan permainan teka-teki, termasuk TTS, memiliki fungsi otak yang setara dengan usia mereka saat 10 tahun lebih muda.

 

Sumber: Pikiran Rakyat

3. Lumosity

Berbeda dengan dua game mengasah otak di atas, lumosity adalah permainan yang bisa Anda mainkan melalui situs web atau mengunduh aplikasinya di ponsel Anda. Aplikasi ini terdiri dari games yang berfokus pada peningkatan memori pengguna, kemampuan memecahkan masalah, serta pemikiran.

Pada games ini, ada berbagai jenis permainan di setiap sesi yang menantang otak Anda. Anda pun perlu menyelesaikan permainan ini sambil bermain melawan waktu.

4. Fit brain trainer

Sama seperti lumosity, permainan fit brain trainer juga dapat dimainkan melalui aplikasi di ponsel Anda. Pada aplikasi fit brain trainer, ada 10 set game yang bisa Anda mainkan. Anda diharuskan menyelesaikan tugas tertentu dari setiap kategori game tersebut dan aplikasi akan melacak perkembangannya melalui grafik berkode warna.

Dengan 10 set game tersebut, permainan fit brain trainer diyakini dapat membantu berbagai bagian otak Anda, termasuk otak kanan dan kiri, dalam meningkatkan fungsinya. Hal ini termasuk meningkatkan daya ingat, konsentrasi, koordinasi antara tangan dan mata, hingga pemecahan masalah.

5. Brain Fitness

Game yang satu ini dikembangkan dengan bantuan oleh ahli saraf, sehingga diklaim dapat meningkatkan kemampuan kognitif, termasuk memori dan konsentrasi, seseorang yang memainkannya. Tidak hanya itu, game ini juga sangat menyenangkan karena bisa dimainkan bersama teman-teman Anda.

Anda dapat memperoleh game ini dengan mengunduh aplikasi Cognifit Brain Fitness di ponsel Anda. Di aplikasi ini, Anda bisa memainkan beragam permainan yang dapat membantu mengasah otak Anda setiap hari, dengan tingkat kesulitan yang disesuaikan dengan profil pengguna.

Selain aplikasi-aplikasi di atas, masih ada banyak permainan serupa yang bisa Anda unduh di layar ponsel Anda. Memainkan berbagai jenis permainan ini bisa mengisi waktu luang Anda sekaligus merilekskan pikiran dan mungkin mengasah otak.

Sumber: Hellosehat.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.