Hai, Sobat Soulja! Teh hijau menjadi salah satu jenis teh yang disukai banyak orang. Tak hanya rasanya yang menenan" />

Teh Hijau, Minuman yang Kaya Manfaat

  • Rabu, 03/08/2022 - 16:35 WIB
Hai, Sobat Soulja! Teh hijau menjadi salah satu jenis teh yang disukai banyak orang. Tak hanya rasanya yang menenangkan, teh hijau juga terkenal akan berbagai manfaat kesehatannya. Penelitian menemukan bahwa manfaat teh hijau salah satunya adalah melindungi seseorang dari penyakit jantung.

Dilansir dari Health, teh hijau dibuat dari daun yang sama dengan teh hitam, hanya saja, teh hijau tidak melalui proses fermentasi. Hal ini bisa mempertahankan warna hijau alami yang dimiliki daun teh , dan hal ini juga yang membuat teh hijau lebih kaya antioksidan.

Manfaat teh hijau untuk kesehatan dapat dirasakan, jika Anda rutin meminumnya setiap hari. Sejauh ini, penelitian telah menemukan beberapa manfaat teh hijau, seperti:

Baik untuk kesehatan mental
Ada penjelasan ilmiah, mengapa menyeruput teh hijau panas bisa memberikan efek menenangkan. Teh mengandung asam amino yang disebut theanine. Menurut penelitian, theanine dapat memberi manfaat seperti:

  1. Menghilangkan stres
  2. Memberikan relaksasi
  3. Mengurangi kecemasan

Teh hijau memiliki konsentrasi theanine yang tertinggi dibanding dengan jenis teh lainnya. Ini yang membuat manfaat teh hijau untuk kesehatan mental menjadi sangat baik.

 

e Sumber: The Asian Parent

Meningkatkan memori
Penelitian telah menemukan, manfaat teh hijau lainnya adalah dapat meningkatkan daya ingat atau memori, dan ini lagi-lagi berkat kandungan theanine di dalamnya.

Sebuah studi di tahun 2014 yang diterbitkan dalam Psychopaharmacology menemukan, 12 partisipan penelitian yang mengonsumsi minuman dari susu yang mengandung 27,5 miligram (mg) ekstrak teh hijau, menunjukkan adanya peningkatan memori jangka pendek untuk perencanaan, pemahaman, penalaran, dan pemecahan masalah, dibandingkan kelompok partisipan yang diberi plasebo. Namun, penelitian ini hanya menggunakan sampel partisipan yang kecil, sehingga penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih mengonfirmasi manfaat teh hijau untuk peningkatan memori.

Melindungi dari penyakit neurodegeneratif
Beberapa penelitian telah menemukan manfaat teh hijau untuk melindungi seseorang dari beberapa kasus penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson.

Ini diduga karena tingginya konsentrasi antioksidan dalam teh hijau. Menurut penelitian di tahun 2019 yang diterbitkan dalam Molecules, antioksidan dapat melindungi sel dari kerusakan yang seiring waktu bisa menyebabkan penyakit neurodegeneratif.

Menurunkan kolesterol
Manfaat teh hijau selanjutnya adalah, rutin meminum teh hijau dapat membantu menurunkan kolesterol. Sebuah metaanalisis di tahun 2020 dari 31 penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal menemukan bahwa, mengonsumsi teh hijau dikaitkan dengan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) yang lebih rendah.

Menurunkan tekanan darah
Selain menurunkan kolesterol, manfaat teh hijau lainnya yakni bisa melindungi kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah. Sebuah metaanalisis di tahun 2020 menemukan bahwa minum teh hijau dapat secara signifikan mengurangi tekanan darah, terutama pada orang-orang dengan masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan memiliki risiko penyakit kardiovaskular.

Antioksidan dipercaya sebagai kandungan yang bertanggung jawab dengan manfaat teh hijau yang satu ini. Antioksidan dapat mengurangi peradangan dan melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah bisa lebih lancar.

Mencegah stroke
Sebuah studi di tahun 2020 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, meneliti kebiasaan minum teh dari hampir setengah juta orang dewasa di Tiongkok. Hasilnya menunjukkan, rutin minum teh, khususnya teh hijau, memiliki hubungan dengan risiko stroke yang lebih rendah. Ini menguatkan klaim manfaat teh hijau untuk mencegah stroke.

Mencegah diabetes
Rutin meminum teh, khususnya teh hijau, bisa menjadi cara yang efektif untuk mencegah atau mengelola diabetes tipe 2. Sebuah studi di tahun 2019 menemukan bahwa antioksidan dalam teh hijau, dapat mengurangi resistensi insulin.
Resistensi insulin terjadi, ketika sel menjadi kurang sensitif terhadap hormon insulin yang membantu sel mengubah gula darah menjadi energi.

Perlu diingat teh hijau hanyalah satu dari sekian cara untuk menjadi sehat. Jadi, mengonsumsi teh hijau saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan. Pastikan kamu tetap menerapkan pola hidup sehat secara keseluruhan ya, Sobat Soulja!

Sumber: Beritasatu


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.