Hai, Sobat Soulja! Mindfulness adalah kegiatan memfokus" />

6 Kegiatan yang Dapat Melatih Mindfulness, Selain Meditasi

  • Minggu, 31/07/2022 - 12:08 WIB

Hai, Sobat Soulja! Mindfulness adalah kegiatan memfokuskan diri sendiri pada saat ini. Merasakan momen yang benar-benar terjadi secara sadar, entah itu emosi, pikiran dan perasaan fisik. Mindfulness sendiri bermanfaat untuk mengurangi stres dan menghindari overthinking. Oleh karena itu, kita perlu menerapkan sikap ini, dan berusaha untuk terus melatihnya agar terhindar dari depresi. Selain dengan melakukan meditasi, mindfulness juga bisa dilatih dengan melakukan kegiatan lain. Mengutip dari laman Healthline, berikut 6 kegiatan yang dapat membuatmu melatih mindfulness.

 

1. Berkendara dengan tenang

Ketika kamu berkendara entah itu menggunakan sepeda motor atau mobil, kamu perlu pikiran yang fokus agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Cobalah berkendara dengan tenang tanpa terburu-buru dan amati sekitar. Dengan begitu, kamu akan sadar dengan apa yang sedang kamu lakukan. Meski jarang disadari, berkendara efektif untuk melatih mindfulness.

 

2. Memasak

Selain meditasi, kamu bisa melakukan kegiatan yang dapat melatih kesadaran, juga yang membuat pikiran terfokus pada saat ini seperti memasak. Ketika memegang benda tajam seperti pisau, pastinya kamu tidak ingin terluka. Hal ini menuntut pikiran kamu untuk benar-benar fokus. Memasak juga akan membuat suasana hati kamu menjadi lebih baik.

 

3. Membaca dengan cepat

Selain memasak, kegiatan yang dapat melatih kesadaran adalah membaca. Sesekali, cobalah membaca dengan cepat dan berusaha fokus dengan isi bacaan tersebut. Ketika kamu mulai fokus pada bacaan, artinya kamu sedang memfokuskan pikiran. Jadi, jika kamu tidak suka melakukan meditasi, kamu bisa membaca dengan cepat dengan suasana yang tenang untuk melatih mindfulness.

 

4. Menjahit atau merajut

Dua kegiatan ini membutuhkan fokus pada satu waktu atau menuntutmu untuk melakukan satu kegiatan saja. Selain itu menjahit dan merajut membutuhkan ketelitian yang ekstra. Ketika kamu sedang fokus pada suatu hal, pikiran kamu tidak akan kemana-mana. Tentunya, menjahit atau merajut dapat mengasah kemampuan mindfulness kamu.

 

5. Menulis jurnal

Kamu bisa menulis jurnal dan menuangkan segala hal yang kamu rasakan. Selain membuat kamu menjadi lebih lega, kamu juga sudah melakukan aktivitas yang dapat membuat pikiran kamu terfokus pada saat ini alias melatih mindfulness.

 

6. Menggambar atau mewarnai

Sebagian orang menggambar untuk menghilangkan stres, dan mereka ingin fokus. Jadi, tidak ada salahnya mencoba menggambar untuk melatih mindfulness.

 

Selain itu, kamu juga bisa mewarnai gambar yang sudah kamu buat. Jangan dulu beranggapan bahwa mewarnai hanya dilakukan oleh anak kecil, ya. Karena kamu bisa mewarnai gambar yang rumit untuk memfokuskan pikiran. Mewarnai gambar yang sulit kan biasanya tidak dilakukan oleh anak kecil.

d

Sumber: Popularitas.com

 

Bagi kamu yang tidak suka meditasi, atau sulit meluangkan waktu untuk meditasi, kamu bisa mencoba 6 kegiatan di atas untuk melatih mindfulness. Semakin baik kamu menerapkan mindfulness, maka kamu akan semakin terhindar dari yang namanya overthinking, stres, hingga depresi.

 

Sumber: Suara.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.