7 Ciri Desain Rumah Minimalis

  • Jumat, 05/08/2022 - 10:34 WIB

Hai, Sobat Soulja! Rumah minimalis banyak digemari oleh pemilik rumah selama beberapa tahun terakhir. Namun demikian, apakah Anda sudah tahu ciri-ciri desain rumah minimalis?

Dikutip dari Hunker, Sabtu (23/7/2022), istilah minimalis sebagian besar terkait dengan skena seni Amerika Serikat pada akhir 1950-an dengan nama yang sama, di mana seniman berfokus pada bentuk geometris daripada elemen representasional. Akan tetapi, Anda dapat melacak beberapa elemen gaya ini sejak tahun 1919, ketika munculnya gaya desain Bauhaus. Ada juga pengaruh wabi sabi dan minimalis Jepang.

Semua ini mengarah pada minimalisme yang berubah menjadi apa yang kita kenal sekarang dalam hal desain, yakni permukaan yang tidak berantakan, desain yang ramping, dan palet warna yang sederhana.

Terkait eksterior, desain rumah minimalis menjaga hal-hal tetap minim, daripada memasukkan terlalu banyak gaya yang berkembang.

Menurut Architect, banyak sumber menyatakan Ludwig Mies van der Rohe sebagai pencetus desain minimalis.

Warisannya dapat dilihat pada arsitek kontemporer yang menggunakan kaca, beton, dan elemen untuk menciptakan struktur sederhana yang elegan.

Tentu saja, Anda juga dapat melihat struktur minimalis yang menggunakan bahan di luar bahan-bahan ini.

1. Serba putih

Anda dapat menciptakan eksterior rumah minimalis berwarna putih yang ramping. Pintu masuk rumah yang terbuat dari bahan alami memberikan kesan Skandinavia yang apik.

Secara umum, palet warna serba putih sering muncul di banyak desain rumah minimalis.

2. Bentuk kotak

Jika Anda benar-benar ingin menjaga semuanya tetap sederhana, desain kotak dapat melakukan triknya dan Anda akan sering melihat ini di rumah minimalis.

3. Menyatu dengan alam

Rumah minimalis umumnya tidak dilengkapi dengan aksesoris atau hiasan yang tidak perlu. Desain rumah minimalis seringkali tentang menjaga fokus pada alam.

4. Industrial yang tetap stylish

Rumah minimalis juga tentang membiarkan lanskap alam bersinar. Rumah minimalis juga sering dipadukan dengan gaya industrial, tetapi tetap tidak memiliki aksesotis yang berlebihan.

Rumah minimalis biasanya bentuknya cukup mendasar dan dengan finishing sederhana.

 

w
 

Sumber: KoranNews.com

5. Elemen ramping

Anda bisa tetap menggunakan warna putih demi tampilan minimalis tetapi tetap bermain dengan ketinggian untuk kepentingan visual. Hanya karena Anda memiliki rumah minimalis bukan berarti Anda harus berpegang pada satu ketinggian.

6. Minimalis dengan warna hitam dan putih

Minimalisme berpadu dengan warna monokrom terlihat sangat mewah. Aksen hitam pada eksterior rumah minimalis menambah lapisan lain namun tetap sederhana. Kontras pasti memainkan peran besar dalam desain rumah minimalis.

7. Nuansa warna yang seragam

Tidak hanya serba putih, Anda juga dapat membuat eksterior rumah minimal dengan bermain dengan nuansa warna yang sama. Salah satu hal pentingnya adalah tentang membiarkan cahaya alami masuk. Sekali lagi, ada penekanan pada alam sekitar sehingga eksterior rumah tetap sederhana namun bergaya.

Sumber: Kompas.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.