Cara Diet TKTP, Cara Sehat Menambah Berat Badan!

  • Jumat, 05/08/2022 - 10:34 WIB

Halo, Sobat Soulja! Ada diet untuk naik berat badan yang cocok buat kamu jika terlalu kurus sehingga mengalami masalah kesehatan. Salah satu diet naik berat badan yang sehat adalah diet Tinggi Kalori Tinggi Protein (TKTP).

Apa itu diet TKTP? Bagaimana cara menaikkan berat badan dengan diet TKTP? Diet TKTP adalah cara menaikkan berat badan secara ideal sehingga tetap memperhatikan pola makan.

Mengutip dari The Geriatric Dietitian, tak sedikit orang yang memerlukan diet TKTP. Ini karena diet TKTP bisa membantu orang dewasa yang lebih tua, tertutama jika mengalami masalah kesehatan.

Ahli diet Kierra Brown mengatakan bahwa diet TKTP adalah diet dengan mengatur asupan kalori dan protein yang lebih tinggi dibanding makan biasanya. Diet TKTP adalah cara mengonsumsi semua kelompok makanan tinggi kalori dan protein.

Sebuah penelitian menemukan bahwa diet TKTP adalah cara meningkatkan berat badan yang sehat. Diet TKTP adalah cara menjaga pola makan untuk menjaga kekuatan tubuh dan meningkatkan otot sehingga lebih dibutuhkan oleh orang dewasa usia paruh baya.

Tidak semua wanita mengenal diet TKTP karena biasanya direkomendasikan kepada seseorang yang mengalami masalah kesehatan. Umumnya, diet TKTP adalah cara diet yang diberikan kepada seseorang setelah operasi, kekurangan berat badan, menyembuhkan luka, hingga malnutrisi.

Cara diet TKTP adalah dengan mengonsumsi ragam makanan tinggi kalori dan protein. Namun disarankan porsi tetap terkontrol saat menjalani diet TKTP.

Berikut cara menjalani diet TKTP, seperti dilansir dari situs Winchester Hospital:

1. Tidak makan dalam porsi besar

Kamu tidak harus makan banyak untuk menaikkan berat badan yang sehat. Cara diet TKTP adalah dengan makan porsi kecil tapi sering. Disarankan makan 6 kali sehari atau setiap 2 hingga 3 jam sekali.

2. Perhatikan jam makan

Perhatikan jam makan. Cara menjalani diet TKTP adalah kamu tetap harus makan walaupun sedang tidak lapar jika sudah waktunya makan.

3. Pilihan minuman tinggi kalori dan protein

Pilih minuman tinggi kalori dan protein sebagai selingan minum ekstra air putih. Dalam menjalani diet TKTP adalah perlu mengonsumsi minuman seperti jus buah, susu, atau minuman berkalori.

 

 Sumber: Kompas

 

4. Gandakan ukuran porsi makanan berlemak

Kamu bisa menambah porsi makanan berlemak ke dalam menu harian. Misalnya saja menambah jumlah penggunaan mentega, margarin, krim keju, atau alpukat.

5. Konsumsi suplemen bernutrisi

Coba konsumsi suplemen bernutrisi dalam bentuk cair yang umum ada di toko bahan makanan atau obat-obatan. Kamu bisa mengonsumsinya di antara waktu makan demi meningkatkan asupan nutrisi.

Setelah memahami cara menjalani diet TKTP dan menu makanannya, mungkin cocok bagi kamu yang sulit menambah berat badan.

Sumber: Wolipop


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.