5 Kebiasaan Sederhana yang Buat Hidup Lebih Bahagia

  • Senin, 08/08/2022 - 09:37 WIB

Hai, Sobat Soulja! Saat sedang bahagia, biasanya tubuh akan terasa lebih berenergi. Hal ini juga bisa berlaku sebaliknya. Saat tubuh berenergi, kita bisa lebih mudah bahagia.

Salah satu strategi untuk bisa memiliki hidup lebih bahagia adalah menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat tubuh lebih berenergi. Mengutip laman Medium, Gretchen Rubin dalam bukunya The Happiness Project memaparkan bagaimana kebiasaan-kebiasaan sederhana bisa membuat kita lebih berenergi dan membantu meningkatkan kebahagiaan kita. Berikut ini sejumlah kebiasaan sederhana yang bisa kita lakukan agar hidup lebih bahagia.

1. Tidur Lebih Awal

Saatnya untuk mengatur jadwal tidur lebih baik lagi. Sebisa mungkin hindari begadang. Dapatkan jam tidur dan kualitas tidur yang baik setiap malamnya untuk bisa menjaga energi tubuh tetap baik. Mendapatkan tidur setidaknya enam atau delapan jam setiap malam bisa memberi pengaruh signifikan terhadap kualiatas hidup kita.

2. Berolahraga

Menggerakkan tubuh dengan berolahraga rutin bisa bantu meningkatkan level kebahagiaan kita. Bahkan kita bisa lebih mudah mengelola stres. Olahraga aerobik, sebagai contoh, bisa membuat pikiran terasa lebih segar. Mengutip buku Hello, Habits, John Ratey yang merupakan seorang guru besar psikiatri dari Harvad Medical School menjelaskan bahwa olahraga bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi otak. Dalam buku yang ia tulis, Spark: The Revolutionary New Science of Exercise and the Brain, ia mengemukakan secara gamblang bahwa olahraga membuat kita merasa segar kembali karena darah terpompa, menyebabkan otak melakukan fungsinya yang terbaik.

3. Menata Kamar atau Rumah

Rumah atau kamar yang tertata rapi bisa bantu membuat pikiran lebih nyaman. Melihat segalanya bersih dan tampak rapi akan memengaruhi mental kita. Saat lingkungan sudah rapi dan bersih, maka pikiran pun bisa ikut jernih.

4. Mendapatkan Paparan Cahaya Matahari

Meluangkan waktu untuk berjemur dan mendapatkan sinar matahari pagi bisa bantu tingkatkan kadar vitamin D dalam tubuh. Sinar matahari pagi menghasilkan sinar ultraviolet. Ketika sinar tersebut menyentuh tubuh, maka oleh tubuh akan diubah menjadi vitamin D. Berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 10-15 menit sudah bisa cukup untuk meningkatkan suasana hati dan membuat perasaan jadi lebih baik. Oleskan tabir surya bila perlu ke permukaan kulit yang terkena paparan sinar matahari saat berjemur.

s 
Sumber: Nusa Daily

5. Perbanyak Jalan Kaki

Berjalan kaki dan memperhatikan sekitar bisa membantu kita menata pikiran. Kita terhubung dengan lingkungan sekitar kita sekaligus kembali terhubung dengan diri sendiri. Saat rutin jalan kaki setiap hari, suasana hati kita bisa ikut membaik karena peredaran darah bisa lebih lancar.

Jadi, sudah siap untuk meningkatkan kualitas hidup? Semoga infonya bermanfaat, ya Sobat Soulja.

Sumber: Fimela.com




About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.