Tetap Bisa Bangun Bisnis Meski Modal Kecil, Simak 5 Cara Ini!

  • Senin, 01/08/2022 - 18:29 WIB

Hai, Sobat Souja! Terkadang modal yang tidak banyak seringkali membuat kita ragu untuk memulai berbisnis. Kendati begitu, berbisnis tetap bisa dilakukan meski dengan modal kecil lho, Sobat Soulja.

Di jaman sekarang, bisnis dengan modal kecil marak dilakukan pebisnis pemula. 

Raymond Chin, Co-Founder dan CEO Ternak Uang mengingatkan pebisnis untuk memperhatikan beberapa hal di bawah ini jika ingin berbisnis dengan modal kecil.
 
1. Riset
Riset ini merupakan aspek yang penting dan harus dilakukan dalam memulai sebuah bisnis. Untuk melakukan riset, kamu bisa melakukan riset dari dua hal, yakni pasar dan kompetitor. Riset pasar sendiri merupakan riset yang berfokus ke survei konsumen.

Sementara itu, riset kompetitor bisa dengan menganalisa lalu membandingkan kekurangan dan kelebihan produk kompetitor dengan produk yang akan dijual. Jika bisnis yang hendak dijalani memiliki banyak kompetitor, Kawan Puan harus mencari keunikan produk yang hendak dijual.  Hal ini dikenal dengan istilah USP (Unique Selling Proposition), yaitu keunikan atau hal yang membedakan produk yang akan kita tawarkan. 

  

 Sumber: Bprsku.co.id

 

2. Produk
Saat memulai untuk menjalankan bisnis, stok barang pun penting untuk diperhatikan. Untuk menentukan stok, usahakan untuk tidak memiliki stok barang dengan jumlah yang banyak. Karenanya, kamu bisa mengaturnya berdasarkan konsumen.

Ciptakan minimum viable product (MVP) untuk mendapatkan feedback dari konsumen, sehingga kita mengetahui apa yang diinginkan konsumen. Kemudian, untuk besaran margin keuntungan dari modal, Raymond merekomendasikan keuntungan di kisaran 50 persen. Untuk pemula, Raymond mengatakan jumlah ini bisa diperkecil lagi.

3. Pemasaran
Ada tiga hal yang perlu ditekankan pada bagian pemasaran, yakni fondasi bisnis, komunikasi, dan jalur pemasaran, Pertama, perhatikan fondasi bisnis, seperti logo. Kedua, komunikasi yang baik, termasuk dengan suplier dan konsumen.

Ketiga, pasarkan lewat jalur organic channel dengan menggunakan platform media sosial.

Yang dimaksud dengan organic channel adalah channel yang tidak mengharuskan suatu perusahaan untuk membayar setiap kali terdapat pertambahan kunjungan ke website atau aplikasi perusahaan tersebut. Selain itu, kamu bisa menawarkan produk yang dijual kepada orang terdekat.

4. Lean
Modal merupakan aspek penting dalam sebuah bisnis. Tanpa modal, bisnismu tentu tidak akan berjalan.

Jika menggunakan modal yang sedikit, kamu bisa menyiasatinya. Agar lebih efektif, kamu bisa menjalani sistem pre-order.  Alokasi modal juga bisa Kawan Puan atur komposisinya agar efektif. Untuk alokasi modal, Raymond merekomendasikan komposisi 40% (R&D) : 40% (produk : 20% (distribusi).

5. Operasional
Pada dasarnya, operasional bisnis disokong oleh kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan untuk menggerakkan bisnis, hal itu  termasuk urusan administrasi.

Setelah proses administrasi beres, catat pemasukan dan pengeluaran. Selain itu, perlu juga mencatat inventori serta stok barang. Lalu, catat inventori, juga stok barang. Biar simpel, sebenarnya mengusahakan agar perputaran bisnis lebih cepat.

Itu tadi berbagai hal yang harus diperhatikan jika ingin bisnis dengan modal kecil. Selamat mencoba, Sobat Soulja!

Sumber: Parapuan.co   


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.