Cara Menjaga dan Informasi Lengkap Lainnya Seputar Battery Health iPhone

  • Senin, 01/08/2022 - 15:12 WIB

Hai, Sobat Soulja! Battery Health atau biasa disebut dengan BH ini merupakan salah satu fitur yang terdapat pada perangkat Apple seperti iPhone, iPad, dan Apple Watch. Fitur Battery Health ini berfungsi agar para pengguna perangkat iPhone dapat mengetahui kondisi dari baterai yang tertanam di dalamnya dalam bentuk persenan angka.

 Sumber: Unbox.id

 

Fitur ini pertama kali diperkenalkan di iOS 11.3 pada 2018. Fitur Battery Health dapat Anda lihat secara mudah melalui "Settings">"Battery">"Maximum Capacity", yang menunjukkan berapa daya baterai yang bisa iPhone Anda tampung.

Fitur Battery Health terdapat pada beberapa perangkat sistem operasi iOS 13 ke atas, seperti iPhone 6s/6s+, iPhone SE Gen 1, iPhone 7/7+, iPhone 8/8+, iPhone XS/XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro/Pro Max, iPhone SE Gen 2, iPhone 12/12 mini, iPhone 12 Pro/Pro Max, iPhone 13/13 mini, dan iPhone 13 Pro/Pro Max.

Setiap baterai ponsel tentunya memiliki batas kesehatannya, tidak terkecuali baterai iPhone. Semakin lama penggunaan baterai, maka kesehatan baterai juga bisa berpotensi menurun. Jika usia baterai sudah lama, maka akan mempengaruhi besar kecilnya durasi pemakaian baterai sebelum pengisian daya.


Misalnya, iPhone Anda dulu dapat dipakai selama 4 jam dari persentase daya penuhi hingga kosong. Seiring berjalannya waktu, penggunaan baterai Anda kini hanya bisa dipakai selama 2 jam dan sudah harus diisi ulang dayanya. Walaupun iPhone terkenal dengan komponen-komponen di dalamnya yang baik, tetapi tidak dapat menutup kemungkinan Battery Health dapat menurun akibat beberapa faktor.


Dengan adanya fitur Battery Health di iPhone, biasanya membuat pengguna merasakan dilema. Di satu sisi, fitur tersebut sebenarnya berguna agar pengguna mengetahui kesehatan baterai iPhone secara presisi. Disisi lain, dengan ditampilkan persentase data Battery Health membuat pengguna menjadi sering khawatir persentasenya akan terus menurun.

Penyebab Battery Health iPhone Menurun

Beberapa penyebab kesehatan baterai pada iPhone menurun yaitu pertama, kesehatan masa pakai baterai yang sudah lama, Kemampuan kandungan kimia yang ada pada baterai untuk menyimpan daya akan menurun seiring lamanya masa pemakaian.


Penyebab selanjutnya bisa juga karena kesalahan pengguna saat memperlakukan perangkat, khususnya baterai. Battery Health iPhone yang dalam kondisi buruk akan mempengaruhi kinerja perangkat itu sendiri. Bahkan tidak menutup kemungkinan, dengan Battery Health yang buruk bisa saja iPhone tiba-tiba mati padahal masih ada daya.

Nah, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar menjaga Battery Health iPhone bisa tetap awet 100 persen.

Tips dan Cara Battery Health iPhone Tetap Awet

Berikut ini beberapa tips dan cara yang dapat Anda lakukan agar kesehatan baterai atau Battery Health pada iPhone tetap 100 persen:

1. Lakukan Pembaruan Perangkat Lunak Secara Rutin
Pembaruan perangkat lunak atau versi sistem operasi biasanya akan membawa fitur-fitur yang penting untuk iPhone, termasuk di dalamnya fitur yang memungkinkan untuk menjaga kesehatan baterai.

Seperti pada pembaruan sistem operasi mulai dari versi iOS 13 dan yang lebih baru. Apple menghadirkan fitur yang memungkinkan iPhone untuk berhenti mengisi baterai secara otomatis saat kondisi dayanya sudah 80 persen, apabila perangkat sedang dipakai secara intens.

 

2. Hindari Suhu Tinggi
Salah satu cara termudah yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah dengan mencegah iPhone Anda berada di lingkungan dengan temperatur yang tinggi.

Apple menjelaskan bahwa dalam halaman dukungan mereka, iPhone dirancang untuk bekerja dalam kisaran suhu ruangan antara 16 hingga 22 derajat Celcius.

Penting bagi Anda untuk menghindari iPhone dari suhu ruangan yang lebih tinggi dari 35 derajat Celcius. Hal ini dikarenakan suhu ruangan setinggi itu bisa merusak kapasitas baterai iPhone secara permanen. Tidak hanya suhu tinggi, charge baterai iPhone dalam suhu ruangan yang tinggi juga bisa merusak kesehatan baterai. iPhone juga dapat menghentikan pengisian daya di atas 80 persen saat terjadi aktivitas yang menyebabkan temperatur perangkat meningkat melampaui batas suhu yang direkomendasikan.

 

3. Lepas Casing iPhone Saat Mengisi Daya
Tips selanjutnya agar Battery Health iPhone Anda tetap 100 persen yaitu dengan melepaskan casing atau karet pelindung iPhone saat pengisian daya.

Mengisi daya iPhone dengan kondisi tertutup casing bisa menumpuk suhu panas yang berlebih, hal ini bisa mempengaruhi kondisi Battery Health. Jika Anda menyadari perangkat menjadi panas ketika diisi daya, segera keluarkan iPhone dari casing-nya terlebih dahulu.

 

4. Pakai Charger Asli atau MFi
Tips ini umumnya untuk melindungi Anda dari charger KW atau palsu yang bisa merusak kesehatan baterai Iphone.

Apple selama ini mempunyai program yang disebut dengan MFI atau Made for iPhone/iPad/iPod, yang menawarkan lisensi kepada vendor charger.

Dengan lisensi tersebut, vendor charger pihak ketiga harus lulus uji dan memenuhi persyaratan Apple untuk keamanan dan kompatibilitas untuk mendapatkan sertifikasi MFi. Maka dari itu, pastikan saat mengisi daya iPhone menggunakan pengisi daya asli atau bisa juga memakai charger yang bersertifikat MFi untuk iPhone Anda.

Charger original Apple juga mempunyai output daya yang dirancang agar sesuai dengan kemampuan baterai iPhone. Output daya yang tidak sesuai dengan kemampuan baterai bisa cepat merusak kesehatannya.

 

5. Jangan Dicas Penuh Jika Ingin Simpan iPhone Dalam Jangka Waktu Lama
Jika Anda ingin menyimpan iPhone dalam kurun waktu yang lama, jangan isi baterai iPhone Anda sampai full. Hal ini dikarenakan jika menyimpan iPhone dalam jangka waktu yang lama dengan baterai penuh bisa mengurangi sebagian kapasitas maksimalnya.

Jadi, disarankan untuk mengisi baterai hingga 50 persen saja jika ingin menyimpan iPhone dalam jangka waktu yang lama. Anda juga dianjurkan tidak menyimpannya di suhu ruangan yang tidak lebih dari 32 derajat Celcius.

 

6. Isi Daya 80 Persen Saat iPhone Sedang Digunakan
Cara terakhir untuk menjaga Battery Health iPhone agar tetap 100 persen yaitu bisa dilakukan dengan mengisi daya tidak lebih dari 80 persen saat iPhone sedang digunakan secara intens.

Penggunaan intens yang dimaksud yaitu seperti bermain game atau merekam video dalam waktu yang lama. Hal ini bisa membuat temperatur iPhone menjadi naik, kemudian ditambah mengisi daya dalam waktu yang cukup lama tentunya bisa membuat temperatur iPhone menjadi semakin meningkat. Seperti diketahui, paparan suhu panas ekstrem pada iPhone bisa membuat Battery Health cepat turun secara drastis.

Beberapa Tips Kecil Lainnya Agar Baterai iPhone Tetap Awet

Selain tips-tips tadi, Anda juga bisa mencoba tips-tips kecil ini berikut ini agar baterai iPhone tetap awet:

  • Menggunakan low power mode di iPhone saat diperlukan
  • Turunkan kecerahan layar saat ingin menghemat baterai
  • Matikan Bluetooth dan layanan lokasi
  • Menonaktifkan Background App Refresh untuk aplikasi yang tidak membutuhkannya. Anda bisa mengaturnya melalui "General">"Background App Refresh".
  • Menggunakan Dark Mode untuk iOS dan aplikasi yang mendukung
  • Perhatikan aplikasi apa saja yang paling menghabiskan baterai dan sesuaikan penggunaannya
  • Pastikan untuk memanfaatkan opsi Optimized Battery Charging.


Itu dia beberapa tips dan cara agar Battery Health iPhone tetap 100 persen. Semoga membantu.


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.