Anabul Lovers, Ada 3 Kesalahan dalam Memelihara Kucing

  • Jumat, 02/09/2022 - 10:14 WIB
Hai, Sobat Souja! Tanpa disadari ternyata ada beberapa kesalahan dalam memelihara kucing yang sering dilakukan para pemilik kucing.

Memiliki kucing sebagai salah satu hewan peliharaan di rumah memang sangat menyenangkan. Tingkah lucu dan menggemaskannya bisa meningkatkan mood para pecinta anak bulu (anabul) ini. Tak jarang pemilik kucing pun menyebut diri mereka sebagai budak atau babu anabul.

Meski demikian ada beberapa kesalahan dalam memelihara kucing.

Tapi tidak jarang kesalahan dalam memelihara kucing juga sering dilakukan 'babu' anabul ini.

Dokter hewan di Thiusma Petshop, Bekasi dan Halodoc, Muhammad Iqbal menyebut sebenarnya tidak ada kesalahan yang dilakukan para pet owner saat memeliharakucing. Hanya saja banyak yang belum aware dengan beberapa hal kecil yang mestinya tidak dilakukan.

"Belum aware atau belum teredukasi saja. Karena kan manusia punya hewan peliharaan pasti ingin yang terbaik, jadi bukan kesalahan hanya belum teredukasi," kata Iqbal saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (3/8).

Berikut ini beberapa hal yang kerap luput dilakukan para pet owner saat memelihara kucing padahal sangat penting untuk dilakukan ;

1. Grooming rutin

Perawatan ini berkaitan dengan grooming rutin yang harus dijalanikucing. Mulai dari sisir rambut atau bulunya, memandikannya, membersihkan telinga, hingga memotong kuku anabul.

"Apabila terlewat, bisa muncul deh penyakit-penyakit faktor lingkungan seperti alergi atau gatal, infeksi jamur kulit, infeksi kutu, rambutnya gimbal, dan masalah-masalah lainnya," kata Iqbal.

Dia menyarankan untuk memandikan kucing minimal sebulan sekali. Namun jika kucing sudah kotor maka harus segera dimandikan. Namun pastikan kering agar tak kena flu.

2. Jangan berikan makanan atau minuman manusia

Nutrisi merupakan faktor utama dalam kehidupan. Nutrisi dari makanan yang diberikan pada kucing juga akan memengaruhi nilai estetika (keindahannya), seperti rambutnya yang halus dan tidak mudah shedding.

Tentunya kata Iqbal, pemilihan makanan juga dapat mencegah munculnya penyakit, seperti gangguan saluran kemih, gangguan mencerna makanan, hingga alergi.

beberapa kesalahan dalam memelihara kucing adalah sering memberikan makanan dan minuman manusia pada kucing. Sangat pantang memberikan kucing susu yang biasa diminum manusia, misalnya nasi, dan coklat. Susu mengandung laktosa yang tinggi dan bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada kucing.

Nasi atau karbohidrat bukan sumber utama nutrisi untuk kucing. Apabila diberikan terlalu banyak, maka akan menjadi lemak dan berbahaya. Terutama jika menempel di organ vital kucing seperti jantung, ginjal, dan hati.

Sementara coklat dapat menyebabkan keracunan karena kandungan xanthine tidak bisa dicerna baik di dalam tubuh kucing.

"Untuk nasi dan susu apabila sudah sering diberikan dan si kucing terbiasa, ini tidak akan kelihatan gejala diare, tapi kalau diperiksa secara keseluruhan pasti ada problemnya," kata dia.

3. Deworming dan vaksinasi sesuai jadwal

Kesalahan dalam memelihara kucing lainnya adalah sering lupa vaksin. Vaksin sangat penting untuk membentuk imunitas tubuh kucing terhadap infeksi virus. Sementara deworming adalah pemberian obat cacing.

"Sebaiknya vaksin diberikan tiga kali ulangan dalam waktu 1 bulan sekali. Setelah itu manualnya satu tahun sekali rutin yah," kata dia.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.