Sobat Souja, menanamkan nilai-nilai dan kebiasaan baik pada anak bisa dilakukan oleh para orangtua sejak dini. Salah satu nilai baik yang bisa ditanamkan pada si kecil " />

Tips Mengajari Si Kecil Untuk Lebih Peduli Terhadap Sesama

  • Sabtu, 31/07/2021 - 09:23 WIB
Sobat Souja, menanamkan nilai-nilai dan kebiasaan baik pada anak bisa dilakukan oleh para orangtua sejak dini. Salah satu nilai baik yang bisa ditanamkan pada si kecil adalah dengan cara beramal yang dianjurkan oleh semua agama. Selain itu, beramal juga memberi pemahaman pada anak bahwa dalam kehidupan, ada orang lain yang perlu ia bantu. Bahkan bukan tidak mungkin di kemudian hari, anak membutuhkan bantuan orang tersebut. Sebenarnya, mengajarkan si kecil untuk beramal sejak usia dini tidak sulit. Hal ini karena anak-anak memiliki insting berbagi yang lebih tajam daripada orang dewasa. Berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk mengajarkan si kecil berbagi, langsung aja kita simak caranya di bawah ini yuk!
 
anak berbagi
Source: scdn.net
 
1. Mulai Dari Hal Kecil
Sebenarnya, mengajarkan anak beramal dan menolong orang lain bisa orangtua mulai dari hal-hal kecil. Ambil contoh, saat ayah, adik, atau saudara sedang sakit, ibu bisa meminta bantuan si kecil untuk menyiapkan makan dan pakaian ganti. Contoh lainnya, ketika teman anak sedang terluka, ibu bisa menolongnya dan meminta bantuan si kecil merawat luka.

2. Membuat Tradisi Keluarga
Tradisi ini bisa ibu dan ayah lakukan saat momen-momen penting, misalnya ulang tahun anak. Contohnya, seperti membuat tradisi atau kebiasaan rutin beramal membuat anak belajar berbagi dan memanfaatkan barang miliknya dengan baik. Ibu dan ayah bisa membuat kebiasaan menyumbangkan buku ke perpustakaan gratis dekat rumah atau panti asuhan. Tidak hanya buku, anak juga bisa menyumbangkan mainan atau sebagian tabungannya kepada teman-teman yang membutuhkan.

3. Biasakan Untuk Mengatakan Terima Kasih
Beramal bisa dengan kebiasaan sehari-hari, misalnya, berterima kasih kepada teman saat menerima makanan sambil tersenyum. Membiasakan si kecil untuk berterima kasih dan berbuat baik kepada sesama juga bisa dengan hal sederhana yang mudah. Tunjukkan kepada anak bahwa kebaikan kecil, sesederhana senyum dan menyapa, adalah hal yang bisa menyemangati orang lain.

4. Beri Anak Pilihan
Melibatkan anak dalam setiap kegiatan amal bertujuan agar ia mengerti, tetapi tidak menutup kemungkinan ia merasa ibu memaksa. Untuk mencegah anak merasa terpaksa dan tidak tulus saat beramal, ibu dan ayah bisa memberi pilihan. Ambil contoh, ibu dan ayah tidak bisa memintanya untuk terus menyumbangkan pakaian kepada orang yang membutuhkan.
 
orangtua anak
Source: indozone.news
Nah, itu dia Sobat Souja beberapa cara mudah yang bisa diajarkan oleh para orang tua kepada anaknya guna lebih peduli terhadap orang-orang disekitarnya yang membutuhkan pertolongan. Memang tidak mudah menjadi orang tua yang baik, tetapi ayah dan ibu bisa memberi contoh sikap-sikap yang menanamkan kebaikan pada si kecil, termasuk mengajarkan anak beramal. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Hellosehat.com 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.