Hai Sobat Souja, selama masa PPKM ini, tentu kegiatan memasak seringkali dijadikan sebagai salah satu untuk mengisi waktu luang. Selain lebih sehat, ada kepuasan tersendiri

Resep Buttermilk Fried Chicken Yang Crispy & Gurih

  • Sabtu, 31/07/2021 - 09:44 WIB
Hai Sobat Souja, selama masa PPKM ini, tentu kegiatan memasak seringkali dijadikan sebagai salah satu untuk mengisi waktu luang. Selain lebih sehat, ada kepuasan tersendiri ketika memakan masakan yang dibuat sendiri. Tak hanya resep viral, kamu juga bisa membuat masakan klasik seperti ayam goreng buttermilk. Beberapa waktu lalu ayam goreng ini banyak dijual lewat online. Kulit ayam yang renyah, daging yang juicy dan gurih, serta bumbunya yang meresap hingga kedalam membuat ayam goreng buttermilk banyak disukai. Berikut ini terdapat resep cara membuat buttermilk fried chicken yang crispy dan juga gurih yang bisa Sobat masak sendiri di rumah, langsung aja kita intip resepnya di bawah ini yuk!
 
buttermilk chicken
Source: tstatic.net
 
Bahan Yang Dibutuhkan:
- 1 ekor ayam dipotong 8 - 10, atau dada fillet
- 250 ml buttermilk (campuran susu 250 ml & perasan lemon)
- 1 sdm bubuk bawang (onion powder)
- 1 sdm bubuk bawang putih
- 1 sdt kaldu ayam bubuk
- 1/2 sdt kunyit bubuk
- 1/2 sdt bubuk cabe
- 1/2 sdt bubuk paprika
- 1/2 sdt baking powder
- 1 sdt garam
- Es batu secukupnya

Bahan Pelapis Ayam:
- 350 gram tepung terigu protein sedang
- 4 sdm tepung tapioka/maizena
- 1 sdm kaldu ayam bubuk
- 1 sdm bubuk bawang putih
- 1/2 sdt kunyit bubuk
- 1 sdm baking powder
- 1 sdt garam

Cara Membuat Buttermilk Fried Chicken:
1. Campur semua bumbu marinasi dan aduk hingga rata, kemudian masukan ayam potong. Simpan di dalam lemari es selama minimal dua jam dan sisihkan. Ingat, semakin lama ayam dimarinasi, maka bumbu akan semakin meresap kedalam daging.
2. Berikutnya, campurkan seluruh bahan kering untuk pelapis hingga rata. Masukan empat sendok makan bahan pelapis dan es batu kedalam bumbu marinasi dan aduk hingga rata.
3. Panaskan minyak di wajan, pastikan minyak dapat merendam seluruh bagian ayam agar matang dengan sempurna.
4. Ambil beberapa potong ayam yang sudah dimarinasi dan dibalurkan ke dalam bahan kering hingga rata.
5. Goreng menggunakan api sedang hingga berwarna kuning keemasan. Ulangi sampai seluruh bahan habis dan sajikan selagi hangat.

Gimana Sobat Souja, mudah bukan? Buttermilk sendiri merupakan cairan dari sisa pembuatan mentega. Bahan ini seringkali digunakan untuk merendam daging sebelum dilapisi tepung. Selain sebagai bahan masakan, buttermilk juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, seperti dapat menurunkan kolesterol, menurunkan asam lambung, dan juga rendah kalori lho. Selamat memasaknya di rumah ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Kompas.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.