4 Cara Obati Sakit Hati Usai Cinta Ditolak

  • Minggu, 01/08/2021 - 08:44 WIB
Hai, Sobat Souja! Sebagian besar orang mungkin pernah merasakan patah hati dan sakitnya ditolak karena cinta. Pengalaman tersebut bahkan dapat menjadi salah satu titik terendah dalam hidup.

Penolakan terkadang membuat merasa sangat buruk dan menjadi sangat kritis terhadap diri sendiri.

"Tidak ada yang suka penolakan. Kita mendapatkan kepercayaan diri dari koneksi kita dalam hidup - baik dari persahabatan dan hubungan asmara - karena mereka membantu kita merasa disukai dan dicintai," kata Elena Touroni, psikolog yang juga pendiri The Chelsea Psychology Clinic, seperti dikutip Metro UK.

Sehingga, lanjut Touroni, ketika ditolak tidak hanya berduka karena kehilangan suatu hubungan, tetapi mungkin juga jadi mempertanyakan diri sendiri.

"Kita mungkin mempertanyakan apakah kita melakukan sesuatu yang salah? Namun sayangnya, penolakan adalah bagian tak terelakkan dari kehidupan - termasuk dalam berkencan. Karena itu, penting untuk mencoba menemukan kedamaian dengannya," tambahnya.

Lalu, bagaimana cara mengobati patah hati saat cinta ditolak? Berikut sejumlah cara menurut para ahli.

1. Menerima apa yang dirasakan
 
d 
Sumber: Suara.com 

Hal terpenting yang harus dilakukan setelah penolakan apa pun adalah menerima apa yang Anda rasakan.

"Mengubur perasaan Anda bisa jadi obat yang cepat dalam jangka pendek, tetapi tidak sehat dalam jangka panjang," kata Jessica Alderson, CEO dan salah satu pendiri aplikasi kencan So Syncd.

"Tidak apa-apa untuk mengalami kesedihan, kemarahan, kekecewaan, atau apa pun yang mungkin Anda rasakan."

Dia menambahkan bahwa emosi adalah cara tubuh memberitahu apa yang harus dilakukan.

"Ada banyak penelitian yang menunjukkan mengabaikan emosi kita dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental," tambahnya.

Pakar hubungan Margaret Bankole mengatakan, "Biarkan diri Anda mengalami semua emosi - menangis, dan keluarkan."

"Ketika Anda putus dengan seseorang, Anda juga putus dengan beberapa harapan dan impian, jadi berduka dan lakukan sesuatu untuk diri Anda," tambahnya.

2. Jangan biarkan menguasai diri
 
d 
Sumber: Medcom.id 

Jessica menambahkan bahwa hanya karena ditolak, itu tidak berarti bahwa ada sesuatu yang salah dengan diri Anda.

"Itu hanya berarti bahwa Anda tidak tepat untuk orang tertentu pada saat itu," katanya.

"Ada miliaran orang di dunia dan harga diri Anda tidak boleh bergantung pada pendapat satu orang. Orang yang tepat akan menghargai Anda apa adanya," tambahnya.

3. Ambil sebagai pelajaran
 
d 
Sumber: Portal Majalengka 

Penolakan dapat diambil sebagai pelajaran untuk maju. Psikoterapis hubungan Heather Garbut menyarankan mengambil kesempatan ini untuk benar-benar mengevaluasi sehingga kelak bisa tumbuh dari pengalaman

"Misalnya, memilih pasangan yang lebih baik di masa depan, yang cocok dengan Anda, menghargai Anda dan setara dengan Anda," katanya.

4. Baik pada diri sendiri
 
d 
Sumber: popbela.com 
 
Jika Anda pernah mengalami penolakan, kecil kemungkinan Anda akan merasa dalam kondisi terbaik. Karena itu, sangat penting untuk bersikap baik pada diri sendiri.

"Jauhkan diri Anda sebanyak mungkin dari penilaian yang orang katakan," kata Heather.

Selain itu, coba fokus pada hal atau kegiatan lain yang membantu diri Anda lebih nyaman dan menerima diri Anda.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.