Cara Memutihkan Sepatu yang Menguning Berdasarkan Bahan

  • Minggu, 15/08/2021 - 10:04 WIB
Hai, Sobat Souja! Ada banyak faktor yang membuat sepatu putih berubah warna menjadi kuning. Bisa saja disebabkan cuaca karena terlalu sering digunakan untuk aktivitas luar ruangan atau proses membersihkan sepatu yang kurang tepat.

Dikarenakan rentan, menurut Real Simple, cara memutihkan sepatu yang menguning ini perlu perhatian khusus.

Anda perlu memperhatikan sabun yang digunakan. Selain itu, beda bahan sepatu, beda pula jenis perawatan yang bisa diterapkan.

Sepatu putih bahan kulit
 
d 
Sumber: Blog tribun jual beli 

Sepatu putih berbahan kulit (leather) yang menguning sebenarnya cukup mudah dibersihkan karena permukaannya tahan air. Berikut caranya.

1. Bersihkan terlebih dulu debu dan sisa kotoran lainnya pada sepatu putih dengan sikat berbulu halus atau kain lembut supaya tidak merusak bahannya.

2. Campur air dengan perasan lemon perbandingan 1:1. Setelahnya, semprotkan campuran ke permukaan sepatu yang menguning dan biarkan beberapa saat.

3. Lap sepatu dengan kain bersih lalu keringkan dengan cara diangin-angin. Oleskan kondisioner khusus kulit sepatu untuk mencegah kotoran menempel.

Sepatu putih bahan kanvas
 
d 
Sumber: CNN Indonesia 

Cara memutihkan sepatu yang menguning untuk bahan kanvas sangat sederhana. Anda bisa memanfaatkan pasta gigi tanpa gel. Berikut caranya.

1. Siapkan pasta gigi tanpa gel dan air secukupnya untuk membilas sepatu.

2. Oleskan pasta gigi ke bagian yang menguning memakai sikat berbulu halus.

3. Diamkan beberapa saat dan bilas sampai bersih lalu jemur.

Sepatu putih bahan suede
 
d 
Sumber: Grid.id 

Membersihkan sepatu putih berbahan suede memang gampang-gampang susah, karena karakter bahan suede yang lembut. Namun, ada cara yang bisa diikuti untuk membersihkannya. Berikut caranya.

1. Sediakan kain katun, penghapus pensil, cuka putih, dan sikat berbulu lembut.

2. Bersihkan permukaan sepatu putih suede dengan kain. Gosok penghapus ke bagian yang ingin dibersihkan supaya kembali putih.

3. Basahi kain dengan air cuka dan oleskan ke bagian sepatu yang menguning. Setelahnya, biarkan mengering sendiri sebelum digunakan.

Cara Merawat Sepatu Putih

Sepatu putih yang menguning sebenarnya bisa dihindari. Syaratnya, Anda harus tahu bagaimana merawat sepatu tersebut dengan baik dan benar.

Jangan gunakan sembarang sabun. Sebaiknya pilih sabun khusus sepatu. Alternatifnya, Anda bisa memakai sabun cuci piring, pasta gigi, soda, cuka, atau bahan alami seperti lemon.

Tidak menggunakan mesin cuci pakaian

Mencuci sepatu dengan menggunakan mesin cuci pakaian memang instan. Tapi, cara ini hanya membuat kualitas sepatu jadi rusak.

Rendam selama 15 menit

Sepatu putih yang bertali dan warnanya menguning atau bernoda dapat kembali bersih setelah direndam dalam air sabun selama 15 menit.

Perhatikan penggunaan alkohol

Menggunakan alkohol untuk membersihkan noda-noda pada sepatu putih memang cukup ampuh. Tapi, alkohol sebisa mungkin hanya dioleskan ke bagian yang kotor saja.

Hindari paparan sinar matahari

Hindari terik matahari langsung saat memakai sepatu putih. Pasalnya, terlalu lama terkena panas bisa membuat warna sepatu jadi menguning atau kusam.

Itulah beberapa cara memutihkan sepatu yang menguning sesuai bahannya dan cara merawat sepatu putih supaya tetap bagus .

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.