Resep Makanan Sehat Seperti Peraih Medali Olimpiade

  • Minggu, 15/08/2021 - 10:04 WIB
Hai, Sobat Souja! Selain latihan yang keras, rahasia para peraih medali Olimpiade adalah makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi. Berikut resep makanan sehat yang terinspirasi dari para atlet peraih medali Olimpiade.

Makanan yang bernutrisi tinggi ini membantu kinerja atletik yang optimal. Makanan ini juga mempercepat pemulihan setelah berolahraga.

Resep makanan sehat berikut ini merupakan hasil dari Wren Kitchens yang berkolaborasi dengan konsultan gizi Jenna Hope.

Wren Kitchens membuat menu makanan dari kentang, salmon, kacang, bayam, keju. Hidangan sehat ini kaya akan vitamin B yang dibutuhkan untuk memproduksi energi.

Kentang adalah sumber karbohidrat yang membantu mengisi glikogen yang hilang saat berolahraga. Glikogen adalah energi cadangan yang disimpan di dalam hati dan otot.

Sedangkan salmon adalah ikan berlemak yang kaya protein dan omega-3. Anda bisa mengganti ikan salmon dengan ikan berlemak lainnya yang banyak ditemukan di Indonesia.

Kandungan protein dalam ikan penting untuk perbaikan dan pemulihan otot. Sementara, omega-3 yang memiliki sifat anti-inflamasi dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi saat olahraga.

Kacang poling dan bayam mengandung magnesium dan zat besi yang penting untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Saturasi oksigen yang baik penting untuk menunjang latihan aerobik.

Bahan terakhir, yakni keju merupakan sumber kalsium yang baik untuk kesehatan tulang selama berolahraga.

Berikut resep makanan sehat yang terinspirasi dari peraih medali Olimpiade.

Bahan:

2 salmon fillet
1/2 cangkir air perasan lemon
Segenggam daun dill atau daun adas segar
300 g kentang
60 g krim keju rendah lemak
100 gram kacang polong
100 gram bayam
Sejumput garam dan merica secukupnya

Cara membuat:

Panaskan oven hingga 180 derajat C.
Tempatkan salmon di atas nampan. Beri garam, merica, dan perasan lemon, cincang halus adas segar, lalu tutup menjadi bungkusan. Masak dalam oven selama 15 menit.
Panaskan panci berisi air mendidih dan rebus kentang selama 2-3 menit.
Tiriskan kentang dan masukkan ke panci dengan kacang polong, bayam, dan krim keju rendah lemak. Tempatkan di atas api kecil sampai sedang dan aduk sampai bayam dan kacang polong matang. Boleh ditambahkan sedikit garam, merica, atau lemon sesuai selera.
Setelah salmon matang dan masukkan ke dalam campuran kentang.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.