Alasan Wajah Kamu Patut Dibersihkan Setiap Pagi

  • Selasa, 17/08/2021 - 10:53 WIB
Hai, Sobat Souja! Tidak hanya menyikat gigi, ritual membersihkan wajah juga harus menjadi rutinitas setiap pagi.

Pada situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang, Anda yang punya kesempatan bekerja dari rumah mungkin tak perlu banyak pusing dengan penampilan.

Mandi pagi pun mungkin tak lagi menjadi rutinitas utama. Kendati demikian, Anda tidak boleh melewatkan aktivitas yang menyangkut kebersihan seperti menyikat gigi hingga membersihkan muka setiap pagi.

Mengapa demikian?

Dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Indonesia, Anesia Tania, mengingatkan untuk selalu membersihkan wajah di pagi hari agar kulit wajah tetap sehat.

Pasalnya, menurut Anesia, kondisi kulit pada pagi hari cenderung berminyak karena keringat dan minyak tetap diproduksi pada saat tidur.

Selain itu, sel-sel kulit mati dan debu yang terkumpul pada sarung bantal kontak dengan kulit wajah selama tidur yang dapat menyebabkan bakteri menumpuk di wajah sepanjang malam.

"Hasil penumpukan sel-sel kulit mati, produk perawatan kulit yang digunakan pada malam hari, minyak, debu dan bakteri dapat menyumbat pori-pori dan semua itu bisa mengakibatkan munculnya komedo dan jerawat," kata Anesia, seperti dikutip Antara.

Lebih lanjut, dia mengatakan, membersihkan wajah di pagi hari dapat menghilangkan penumpukan residu sel kulit mati dan bakteri yang menumpuk sepanjang malam, sekaligus membuat kulit wajah segar dan lembut.

Kondisi kulit yang bersih dan lembap usai dibersihkan pun akan membantu kulit Anda siap menerima produk perawatan kulit selanjutnya sehingga lebih menyerap ke kulit dan jadi lebih efektif.

Pakar dermatologi di Mount Sinai Hospital, Joshua Zeichner menuturkan, bagi mereka yang punya kulit sensitif, gunakan produk pencuci wajah dengan formula lembut dan bilaslah dengan air hangat.

Menurut dia, pembersih yang menghidrasi adalah pilihan yang baik untuk orang dengan kulit kering.

"Produk-produk ini biasanya tidak berbusa dan membantu melembapkan saat membersihkan kulit," kata Zeichner, seperti dikutip Healthline.


Lalu bagaimana dengan pemilik kulit berminyak atau berjerawat?

Pakar kecantikan berlisensi, Stephanie Ivonne menyarankan mereka memilih pembersih yang mengandung asam hidroksi untuk menghilangkan minyak berlebih.

Bagi mereka dengan kulit kombinasi, bisa menggunakan produk mengandung formula lembut untuk menghilangkan kotoran, membersihkan pori-pori, membantu menghilangkan riasan, dan membuat kulit terasa segar, bersih dan terhidrasi.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.