Waktu yang Tepat Menggunakan Masker Wajah

  • Rabu, 18/08/2021 - 08:53 WIB
Hai, Sobat Souja! Mengetahui waktu yang tepat menggunakan masker wajah ini cukup penting supaya kerja masker lebih maksimal. 

Menjawab hal tersebut, ahli dermatologi Gervaise Gerstner MD menyebut bahwa waktu yang tepat adalah pagi hari. Menurutnya, memakai masker pagi hari dapat mempersiapkan kulit sebelum beraktivitas. 

"Masker pagi sangat bagus dilakukan sebelum makeup supaya kulit Anda terhidrasi dan itu hal dasar yang dibutuhkan," kata Gerstner mengutip Refinery29.

Lebih lanjut ia menjelaskan fungsi masker dilakukan pada pagi hari berperan sebagai primer untuk memberikan hidrasi dan mempersiapkan kulit.

"Sehingga membuat kulit menjadi kencang serta pori-pori tampak lebih kecil," ujar Gerstner.

Dengan demikian jika menginginkan hasil yang mencerahkan, menghidrasi, dan melindungi kulit dari paparan radikal bebas, mengaplikasikan masker di pagi hari adalah waktu yang tepat.

Kendati disebutkan waktu yang tepat menggunakan masker wajah adalah pagi hari, bukan berarti setiap pagi harus menggunakannya.

Ada waktu lain yang juga sama optimalnya untuk menggunakan masker wajah, seperti malam hari sebelum tidur atau di waktu luang untuk relaksasi.

Mengaplikasikan masker di malam hari juga tak kalah penting. Masker pada waktu malam hari membantu memperbaiki tekstur dan meremajakan kulit, mendetoksifikasi, serta mengangkat kotoran dan sel kulit mati setelah seharian beraktivitas.

Sementara jarak waktu menggunakan masker wajah yaitu seminggu sekali, atau boleh sering maksimal 2-3 kali dalam seminggu.

Di samping waktu penggunaannya, pemilihan jenis masker juga perlu diperhatikan agar mendapat hasil seperti yang diinginkan.  

Jenis Masker untuk Wajah

Berbeda jenis kulit, beda pula masker wajah yang digunakan. Untuk mendapatkan jenis masker yang pas untuk Anda, tentu harus mempertimbangkan kondisi dan permasalahan kulit. Berikut ragam jenis masker untuk wajah yang bisa jadi pertimbangan Anda, merujuk Healthline.

1. Clay dan Mud 

Masker tanah liat dan lumpur konsistensinya memang lebih kental. Biasanya berwarna hijau, abu-abu atau coklat.

Jenis masker ini dikenal memberi efek detoksifikasi, untuk mengangkat minyak dan kotoran dari pori-pori kulit wajah Anda.

Saat ini banyak varian clay and mud mask untuk kulit berjerawat, berminyak, atau kombinasi. Pemakaiannya maksimal 15 menit dengan jeda waktu tiga kali per minggu.

2. Charcoal

Mirip dengan clay and mud, masker charcoal atau ekstrak arang bambu ini berfungsi sebagai detoksifikasi untuk kulit wajah.

Jenisnya pun beragam, ada yang berbentuk gel, pasta, hingga serbuk. Rata-rata masih aman untuk kulit berjerawat, berminyak, atau kombinasi.

Durasi pemakaian ketika mengaplikasikan masker charcoal yaitu 15 menit dan boleh 2 kali seminggu. Untuk kulit sensitif disarankan 1 kali seminggu selama 10 menit.

3. Krim atau Gel

Masker bertekstur krim umumnya berguna untuk jenis masker yang fokusnya menghidrasi kulit dengan mengisi sel-sel kering secara mendalam.

Sedangkan masker gel, diperuntukkan bagi kulit sensitif atau kulit terbakar sinar matahari karena biasanya akan memberi efek pendingin.

Kedua jenis masker krim dan gel bisa digunakan lebih sering yaitu 3 kali seminggu atau yang mengandung formula khusus dapat dipakai setiap malam.

4. Sheet

Sheet mask atau masker lembaran sekali pakai ini berbahan kain seperti kapas, atau selulosa yang didalamnya sudah memakai serum dan memang lebih praktis.

Formula yang banyak digunakan dalam sheet mask biasanya mengandung AHA atau BHA untuk membuang tekstur kasar di kulit dengan efek menghidrasi sehingga lebih lembap.

Masker lembar dapat digunakan setiap hari sebagai pengganti serum dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

5. Natural

Masker natural lebih dikenal sebagai masker racikan yang dibuat sendiri dari bahan-bahan alami seperti buah-buahan, oatmeal, madu atau lainnya.

Membuat masker alami pun tidak sembarangan, karena Anda harus tahu kandungan dari bahan yang dipakai. Apakah bagus untuk kulit atau sebaliknya.

Penggunaan masker natural dianjurkan 15 menit dan waktu yang tepat menggunakan masker wajah natural ini 1-2 minggu sekali.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.