Ingin Metabolisme Tubuhmu Prima? Yuk, Konsumsi 4 Makanan ini!

  • Kamis, 19/08/2021 - 10:15 WIB
Sobat Souja, metabolisme tubuh merupakan komponen penting yang harus dijaga. Ya, metabolisme adalah proses yang mengubah makanan menjadi energi. Mengutip CNN Indonesia, ketika memiliki metabolisme yang lebih lambat, tubuh mungkin mengalami hal-hal seperti penambahan berat badan, kelelahan, atau kulit kering. Ada beberapa faktor yang memengaruhi seberapa cepat atau lambatnya fungsi metabolisme tubuh, seperti usia dan genetik, yang tidak dapat kendalikan. Namun, ada beberapa faktor yang dapat dikendalikan, seperti makanan yang dimakan, yang dapat membantu mencapai metabolisme yang lebih cepat dan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan. Berikut lima makanan yang bantu tingkatkan metabolisme tubuh.


Alpukat
Alpukat mungkin salah satu makanan super yang tidak hanya enak, tapi juga serbaguna. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, alpukat sebenarnya telah dikenal untuk menurunkan sindrom metabolik pada orang dewasa, yang merupakan sekelompok kondisi seperti gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh, dan gula darah tinggi yang meningkatkan kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung.


Kacang - Kacangan dan Biji - Bijian
Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah cara tepercaya untuk makan sehat. Selain itu, mereka juga dikemas dengan manfaat meningkatkan metabolisme. Segenggam kacang atau biji-bijian memberi semua yang dibutuhkan, tidak hanya menstabilkan gula darah dan menjaga tetap kenyang di antara waktu makan. Tetapi mereka adalah makanan yang secara alami mengandung ketiga makro-karbohidrat, protein dan lemak. 


Telur
Telur adalah pilihan yang bagus untuk meningkatkan kadar protein karena biasanya rendah lemak dan kalori. Menurut ahli diet Laura Burack, makanan kaya protein meningkatkan laju metabolisme tubuh karena sesuatu yang disebut sebagai efek termal yang lebih tinggi. Selain itu, Burack mengatakan bahwa tidak hanya memiliki TEF, telur juga membuat kenyang lebih lama.


Makanan Pedas
Rempah-rempah dikenal sebagai cara yang bagus untuk meningkatkan metabolisme. Menurut sebuah studi dari British Journal of Nutrition, rempah-rempah seperti jahe, lada hitam, mustard, dan lobak telah terbukti meningkatkan tingkat istirahat metabolisme kita. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa makanan pedas seperti saus pedas untuk sementara dapat meningkatkan tingkat metabolisme karena capsaicin, bahan kimia yang ditemukan dalam cabai. 


Sumber: CNN Indonesia



About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.