4 Penyebab Kolesterol Tinggi pada Anak

  • Jumat, 03/09/2021 - 08:51 WIB
Hai, Sobat Souja! Kolesterol tak hanya jadi masalah pada orang dewasa, tapi juga dapat terjadi pada anak-anak. Ketahui penyebab kolesterol tinggi pada anak.

Menghindari penyebab kolesterol dapat mencegah anak terkena penyakit kronis saat dewasa. Kolesterol yang tinggi menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah.

Plak mempersempit pembuluh darah sehingga menghalangi jalan darah ke jantung. Kondisi ini dapat menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, hingga stroke.

Kolesterol pada anak tergolong tinggi jika sudah melebihi total 200 mg/dL. Secara rinci, LDL lebih dari 130 md/dL atau HDL kurang dari 40 mg/dL.

Berikut penyebab kolesterol tinggi pada anak:

Tanda Awal Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai

1. Pola makan tidak sehat

Dikutip dari NIH, pola makan yang tidak sehat merupakan faktor utama yang berkontribusi menyebabkan kolesterol ada anak dan remaja. Pola makan yang tidak sehat ini umumnya tinggi akan lemak, tinggi gula, dan garam serta rendah serat

2. Keturunan

Faktor keluarga atau keturunan juga ikut mempengaruhi kolesterol pada anak. Anak dengan orang tua yang memiliki kolesterol yang tinggi lebih mungkin mengalami kolesterol yang tinggi.

3. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan pada anak juga dikaitkan dengan obesitas yang tinggi. Studi menunjukkan lebih dari 43 persen anak dengan obesitas mengalami kolesterol yang tinggi dibandingkan 14 persen anak yang tidak obesitas.

4. Penyakit tertentu

Sejumlah penyakit seperti diabetes, penyakit ginjal, penyakit liver, dan penyakit tiroid dapat menyebabkan kolesterol yang tinggi pada anak.

Anak dengan kolesterol yang tinggi harus segera melakukan perubahan gaya hidup sehat. Orang tua dapat meningkatkan kolesterol baik dengan menambahkan lemat tak jenuh tunggal ke dalam asupan anak.

Tingkatkan konsumsi biji-bijian, buah-buahan dan sayuran. Hindari konsumsi makanan berlemak jenuh, tinggi gula, dan tinggi garam. Imbangi dengan olahraga yang teratur dan kontrol berat badan anak tetap ideal.

Itulah penyebab kolesterol tinggi pada anak. Jadi, lebih berhati-hati, yuk!

Sumber: CNN Indonesia.

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.