Masker Pisang untuk Wajah: Manfaat dan Efek Samping

  • Rabu, 08/09/2021 - 10:37 WIB
Hai, Sobat Souja! Sudah bukan rahasia lagi, pisang memiliki banyak nutrisi yang memberikan khasiatnya untuk tubuh. Termasuk di antaranya penggunaan masker pisang untuk wajah yang dipercaya bisa membuat kulit lebih sehat.

Hingga saat ini, tak ada jenis pisang khusus yang baik untuk wajah. Anda bisa menggunakan jenis pisang apa pun untuk digunakan sebagai masker.

Mengutip Healthline, nutrisi pada pisang bekerja efektif membantu memperbaiki masalah kulit, di antaranya vitamin A, vitamin B-6, vitamin C, dan kalium.

Manfaat Pisang untuk Kulit Wajah
 
d 
Sumber: Jovee 

Ada sejumlah manfaat yang diberikan pisang untuk kesehatan kulit wajah. Berikut di antaranya.

1. Atasi keriput

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan berkurang dengan sendirinya. Hal ini ditandai dengan kemunculan garis-garis keriput halus seperti di bagian bawah mata.

Menggunakan masker wajah berbahan pisang dipercaya efektif meningkatkan kolagen karena adanya senyawa silika, sehingga kerutan tersebut bisa disamarkan.

2. Atasi jerawat

Meski tidak mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat, vitamin A pada pisang mampu berperan mengatasi peradangan akibat jerawat.

Selain itu, senyawa fenolik dalam pisang juga bersifat antimikroba untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

3. Hilangkan bekas jerawat

Bintik-bintik hitam di area wajah seringkali disebabkan oleh bekas jerawat atau hiperpigmentasi. Untuk mengatasinya, Anda perlu bahan-bahan dengan kandungan vitamin A dan C seperti pada pisang.

Memakai masker pisang untuk atasi bekas jerawat dinilai cukup ampuh. Meski begitu, Anda membutuhkan waktu lebih lama dan rutin menggunakannya minimal seminggu sekali.

4. Atasi kulit kering

Banyak yang percaya bahwa pisang dapat mengatasi kulit kering. Hal ini kemungkinan adanya kandungan vitamin B6 dan kalium.

Vitamin B6 ini akan merangsang pembentukan asam amino yang penting dalam menjaga kelembapan skin barrier (moisture barrier), yakni lapisan kulit terluar.

5. Kulit bercahaya

Buah pisang sangat kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Apabila dijadikan masker, antioksidan tersebut akan melindungi kulit wajah.

Selain itu, antioksidan mempunyai peranan untuk meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan kencang.

6. Proteksi Kulit dari Sinar UV

Meski masker wajah tidak dapat menggantikan tabir surya untuk proteksi kulit luar, masker pisang bisa meningkatkan kemampuan alami kulit.

Antioksidan yang diserap kulit dari masker pisang akan bekerja memproteksi dari dalam untuk menangkal sinar UV. Meski begitu, sunblock SPF tinggi tetap digunakan jika di luar ruangan.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat di atas, Anda dapat menggunakan jenis pisang apa pun yang baik untuk wajah.

Efek Samping Pisang untuk Wajah

Penggunaan pisang sebagai masker wajah tetap perlu hati-hati karena berisiko menimbulkan reaksi alergi.

Tanda-tanda reaksi alergi terhadap masker wajah berbahan dasar pisang meliputi:

- Kulit terasa gatal
- Ruam
- Pembengkakan kulit
- Bersin
- Mengi dan gejala asma lainnya

Walau jarang terjadi, kejadiannya bisa saja memengaruhi kalangan tertentu yang memiliki riwayat alergi. Sebaiknya segera lakukan tindakan medis karena reaksi tersebut bisa berujung fatal.

Cara Membuat Masker Pisang
 
d 
Sumber: SehatQ 

Sementara itu, di bawah ini ada cara membuat masker pisang yang aman untuk wajah.

Anda bisa mencampur pisang dengan madu untuk melembapkan atau beri beberapa perasan lemon supaya mencerahkan.

1. Tumbuk setengah pisang sampai halus.
2. Tambahkan sedikit madu dan perasan lemon, aduk rata sampai menjadi pasta.
3. Pastikan wajah sudah dibersihkan terlebih dulu.
4. Aplikasikan ke seluruh permukaan wajah secara merata.
5. Diamkan 10-15 menit.
6. Setelahnya bilas dengan air hangat sampai bersih.

Demikian penjelasan mengenai masker pisang untuk wajah. Anda bisa menggunakan pisang jenis apa pun yang baik untuk wajah. Selamat mencoba!

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.