Tren Mentimun Beku TikTok untuk Hilangkan Jerawat, Ampuh?

  • Senin, 06/09/2021 - 08:42 WIB
 
Hai, Sobat Souja! TikTok memang penuh dengan tips dan trik, termasuk cara merawat kulit. Salah satu yang tengah viral saat ini adalah soal mentimun beku untuk merawat wajah.

Perawatan dengan mentimun beku disebut bisa membuat kulit kusam jadi bersinar. Namun benarkah bermanfaat?

Mengutip Refinery29, beberapa tiktoker mengatakan mentimun beku bisa membantu menghilangkan noda di wajah dan mencerahkan bawah mata yang hitam. Sementara itu, mentimun beku juga membantu mengurangi kelopak mata bengkak, dan juga sensasi dinginnya bekerja untuk menurunkan peradangan, menghidrasi kulit, menghilangkan jerawat.

Cara pakainya pun mudah. Mentimun beku ini hanya harus dioleskan ke seluruh bagian wajah yang membutuhkan. Sebenarnya ini bukan hal baru di dunia kecantikan. Kalau diingat kembali, perawatan dengan es batu sudah lama dikenal. Namun bedanya, ini dengan mentimun yang dibekukan.

Beberapa pengguna mengungkapkan bahwa hasil langsung terlihat setelah sekali pakai. Hanya saja Anda harus memastikan kebersihan sebelum memakainya, yaitu potong ujungnya dan bekukan lagi sampai dipakai kembali.

Akan tetapi apa fungsinya memakai mentimun beku ?

Mentimun sendiri dikenal baik untuk kulit. Mentimun mengandung 96 persen air sehingga disebut bisa melembapkan kulit secara alami.

"Mentimun telah lama digunakan dalam dunia perawatan kulit terutama di bawah mata karena sifatnya yang mendinginkan dan kadar asam askorbat yang tinggi atau dikenal sebagai vitamin C," ungkap Kemi Fabusiwa, dokter medis dan direktur Joyful Skin.

"Karena karakteristik ini, mentimun kemungkinan akan memiliki beberapa manfaat bagi kulit dalam meredam peradangan dan mencerahkan bintik-bintik hitam."

Dia menambahkan bahan ini adalah dikenal untuk mencerahkan kulit dari waktu ke waktu, meningkatkan kadar kolagen dan membantu melindungi kulit dari agresor lingkungan, seperti polusi.

Meski demikian, dia menambahkan bahwa dibanding memakainya di wajah, lebih baik dimakan.

"Ini karena tingginya kadar asam dalam beberapa makanan, yang dapat menyebabkan iritasi yang signifikan jika digunakan secara tidak tepat."

Senada dengan Fabosiwa, dokter yang populer di TikTok, Karan Raj menyebut bahwa mentimun memang punya kandungan air yang tinggi, sehingga bisa melembapkan kulit, tapi ini bakal mungkin lebih cepat tercapai jika Anda memakannya dan minum banyak air.

Namun pada tren ini, elemen beku bisa menjadi pengubah permainan.

"Es dalam mentimun beku dapat menyebabkan pembuluh darah di permukaan kulit menyempit," tulis Raj di TikTok. Ini bahkan dapat membantu mengurangi ukuran dan ketidaknyamanan akibat jerawat yang meradang.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.