Resep Udang Goreng Mentega untuk Hidangan Acara Istimewa

  • Rabu, 08/09/2021 - 10:37 WIB
Hai, Sobat Souja! Masakan udang termasuk salah satu makanan laut yang banyak dijumpai di restoran seafood. Jika Anda membeli di restoran, tentu harganya relatif tinggi dibandingkan masakan berbahan daging ayam. Jika Anda ingin makan udang dengan porsi yang besar, Anda bisa mencoba untuk mengolahnya sendiri di rumah, salah satunya yaitu membuat resep udang goreng mentega.

Udang goreng mentega merupakan resep olahan udang yang belum banyak diketahui oleh orang awam. Resep ini dapat Anda coba buat di rumah, baik untuk hidangan keluarga ataupun untuk hidangan acara istimewa. Tentunya, resep ini dapat menjadi hidangan yang mewah dan menggiurkan bagi siapa pun yang melihatnya.

Resep Udang Goreng Mentega

Dikutip dari buku 100 Resep Keluarga Nusantara Hits di Instagram ala Dapur Susie (2020: 52), berikut adalah resep udang goreng mentega yang layak Anda praktikkan di rumah:

Bahan-bahan
500 gram udang ukuran sedang
4 siung bawang putih, cincang halus
1 ruas jari jahe, memarkan
1 buah bawang bombai, belah 2, potong melintang
2 sdt lada bubuk
1 batang daun bawang
2 sdm mentega
1 sdt kecap inggris
2 sdm kecap manis
1 sdt saus tomat
1 sdt saus tiram
Gula dan garam secukupnya
Minyak sayur secukupnya
1 buah jeruk nipis

Langkah-langkah
1. Siangi udang, kerat punggungnya. Cuci bersih dan tiriskan. Marinasi udang denga air jeruk nipis, garam dan lada. Diamkan 15 menit di dalam kulkas.
2. Keluarkan udang dari dalam kulkas, goreng dalam minyak panas sampai matang. Angkat dan tiriskan. Panaskan mentega, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga wangi. Tambahkan jahe, aduk rata. Masukkan semua saus dan kecap, lalu aduk kembali.
3. Masukkan udang, aduk lagi sampai rata. Beri sedikit air jika perlu. Aduk terus agar bumbunya dapat rata dan meresap. Menjelang diangkat, masukkan daun bawang dan aduk lagi sebentar. Udang goreng mentega siap disajikan.

Itulah penjelasan terkait resep udang goreng mentega yang krispi dan gurih. Resep ini dapat dihidangkan untuk keluarga, kerabat atau sahabat yang berkunjung ke rumah. Tentunya, masakan ini dapat dinikmati oleh anak-anak karena tidak mengandung cabai sama sekali. 

Sumber: Kumparan.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.