4 Tips Berdisiplin Diri, Coba yuk!

  • Senin, 06/09/2021 - 08:42 WIB
Sobat Souja, salah satu formula mencapai sebuah kesuksesan adalah sabar, bekerja keras dan disiplin. Namun demikian, faktanya disiplin itu sulit sekali untuk dilakukan. Kamu tetap harus melakukan apa yang semestinya, meskipun suasana hati sedang tidak mendukung. Maka dari itu, untuk memperkuat disiplin diri, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar impian-impian pribadimu itu bisa segera tercapai. Apa saja? Simak yuk! 


Belajar Menunda Kesenangan
Sukar sekali untuk keluar dari zona nyaman. Akan tetapi, kalau hidupmu mau maju, maka mau gak mau, harus berteman akrab dengan pengorbanan dan belajar untuk memprioritaskan apa yang penting demi mencapai impian. Salah satu sikap yang sering membuat masa depan orang terpuruk, adalah kesulitan untuk menahan diri dari kesenangan sementara. Harusnya belajar, malah nonton drama. Yang tadi niatannya sebentar, akhirnya jadi keterusan. Belajarnya pun jadi ala kadarnya karena sudah keburu ngantuk. Nilai yang semestinya bisa bagus, jadi jelek. Akibat gak mau menunda kesenangan.


Jangan Menunggu Mood
Jangan biarkan pikiran melanglang buana. Fokus saja pada apa yang seharusnya kamu lakukan. Kalau kamu membiarkan pikiran ke mana-mana, khawatirnya akan mengarah pada pikiran negatif, yang kemudian merusak mood. Kalau mood udah gak bagus, kamu jadi malas atau menunda-nunda. Orang yang memiliki kedisiplinan diri yang baik, gak membiarkan mood mengendalikan hidupnya. Mau lagi mood atau gak, kalau harus kerja, ya, kerja. Dan itulah yang jadi pembeda antara mereka yang gagal dengan yang berhasil.


Buat Tujuan dan Jaga Konsistensi
Tetapkan tujuan agar kamu terus terpacu untuk melakukannya dengan disiplin. Misalnya, berniat menabung Rp 1 juta sebulan. Maka kamu harus menghindari membelanjakan hal tak penting. Tetapkan prioritasmu! 


Berpikir Jangka Panjang
Melatih kedisiplinan memang sulit. Itulah kenapa, kamu perlu mengingat efek jangka panjang dari apa yang saat ini kamu lakukan.  Disiplin adalah kunci dari kesuksesan dalam hidup. Maka dari itu, mumpung kamu masih muda, yuk, latih disiplin diri supaya bisa mencapai sukses sedini mungkin. Kamu pasti bisa!


Sumber: IDN Times


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.